CARA PEMBUATAN KUSEN PINTU DI AutoCAD 2D dan 3D

CARA PEMBUATAN KUSEN PINTU DI AutoCAD

Silakan kunjungi :
     *CARA MEMBUAT PONDASI DI AutoCAD
     *MEMBUAT FILE AUTOCAD MENJADI PDF
     *PENGENALAN AUTOCAD

 - Pengertian Pintu : Pintu merupakan salah satu elemen dari sebuah bangunan yang digunakan sebagai lalulintas ataupun penghubung ruangan yang ada didalam sebuah bangunan. Pintu biasanya di buat dari berbagai bahan dan ukuran yang berbada-beda tergantung dari kebutuhan yang di perlukan dalam perencanaan bangunan.

- Pengertian AutoCAD : adalah salah satu program yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dalam merencanakan sebuah desain pekerjaan yang berupa gambar 2D maupun 3D sebagai proyeksi awal sebelum pekerjaan di laksanakan.

- Fungsi dan kegunaan kusen jendela adalah matrial yang digunakan untuk jalan keluar masuknya orang atau barang dari kamar yang satu ke kamar yang lain disebut sebagai pintu dalam, dan keluar masuknya orang atau barang dari ruang dalam ke ruang luar disebut sebagai pintu luar. Pintu luar juga berfungsi membantu sirkulasi udara dan penerangan alam kedalam ruang.

- Proses Pembuatan Pintu di AutoCAD 2D dan 3D
1. Buat tampak depan dari sebuah pintu dengan cara;
2. Klik perintah rectangle dengan ukuran 90 x 250 Cm
rangkuman tekniksipil.blogspot.com
3. Tekan perintah trim dan arahkan pada garis bagian dalam rectangle tersebut
4. Setelah itu offset 50 cm untuk ventilasi, dan
5. Offset 5 cm untuk tebal kusen.
6. Kemudian trim bagian-bagian yang tidak perlu
7. Copy rectangle ventilasi (akan dibahas pada bab tersendiri)
8. Klik icon REGION, lalu pilih semua gambar kusen pintu kemudian enter,
9. Setelah itu ketik subtract atau su kemudian enter, klik garis luar terlebih dahulu kemudian enter, lalu klik rectangle ventilasi lalu enter.
10. Setelah itu lihat dalam bentuk isometric.
11. Extrude setebal 15 cm
rangkumantekniksipil.blogspot.com
12. Supaya kusen tersebut bisa berdiri, ketik perintah rotate3d , enter, klik kusen pintu3d, enter, klik titik A dan titik B, ketik angka 90 (derajat), enter.
13. Buat sebuah rectangle dengan ukuran lebar dan tebal pintu (80 x 3 cm), kemudian extrude setinggi 200, lalu tempatkan di kusen pintu diatas. untuk kesan pintu terbuka, silakan rotate3d pintu tersebut sebesar 60 derajat, atau dengan membuat rectangle dengan ukuran 3 x 80 cm (kebalikan dari nomor 1), lalu di extrude setinggi 200, lalu tempatkan di kusen pintu diatas.
rangkumantekniksipil.blogspot.com

   Banyak kita ketahui bahwa penggunaan matrial kusen pintu sangatlah penting bagi bangunan. Maka dari itu banyak sekali model, bentuk, dan pengunaan bahan pembuat kusen pintu yang dari dulu sampai sekarang terus di kembangkan. Berikut ini berbagai macam Jenis Pintu yang sering digunakan dalam bangunan.

• Pintu Swing :
Jenis pintu yang paling umum dan selalu digunakan pintu kupu-kupu, yaitu pintu biasa yang dapat membuka dan menutup dengan cara didorong ke depan atau ditarik kebelakang.
 • Pintu Geser : 
Pintu ini cara membukanya dengan menggeser pintu ke samping kanan atau kiri. Pintu geser juga mulai banyak digunakan pada lemari pakaian.
• Pintu Lipat : 
Pintu geser dapat dibuka dengan digeser kesamping dan menggunakan bantalan rel, namun bedanya pintunya dilipat.
• Pintu Putar : 
Pintu putar otomatis atau revolving door digunakan pada mall, hotel, dan gedung perkantoran. Pintu ini akan berputar secara otomatis saat terdapat gerakan orang yang hendak memasuki ruangan.

      Pesatnya perkembangan pembangunan di dunia, membuat banyak temuan dan model baru mulai dari bentuk, cara pembuatan, sampai dengan penggunaan bahan dasar untuk membuat kusen pintu itu sendiri. Adanya pengembangan model, bentuk, dan bahannya tiap tahunnya di harapkan bisa memenuhi permintaan dan kebutuhan yang di perlukan untuk perkembangan pembangunan di dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN