TATA URUTAN PROSES PEMBANGUNAN DALAM ILMU TEKNIK SIPIL

Bismilah...

Assalamualaikum.wr.wb

TATA URUTAN PROSES PEMBANGUNAN DALAM TEKNIK SIPIL

Baik kali ini saya akan membahas tata urutan proses pembangunan dalam teknik sipil. Mungkin banyak teman-teman yang masih bingung bagaimana urutan pembangunan yang benar sesuwai dengan perencanaan umumnya. Baiklah mari langsung aja kita bahas.

    Dalam pembangunan tentunya perlu yang namanya urutan atau langkah-langkah yang harus di susun agar dalam pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan tentunya mengurangi kegagalan yang mungkin bisa terjadi dalam sebuah proyek pembangunan. Dalam ilmu teknik sipil tentunya sudah ada tata urutan yang baik dan benar dalam proses pembangunan, umumnya urutan pembangunan proyek sebagai berikut ;
  1. Langkah pertama sebelum pembangunan yaitu proses survay lokasi pembangunan. Hal ini sangat penting guna mengetahi kondisi tanah ( pengujian tanah ) dan keadaan lokasi pembangunan.
  2. Setelah mendapat data dari hasil survay kemudian data di kembangkan dalam proses perencanaan bangunan mulai dari pemilihan setruktur yang tepat sesuwai dengan kondisi lapangan, pembuatan gambar perencanaan bangunan ( disain bangunan) saimpai yang menditail, pengkitungan dana atau rencana anggaran biaya (RAB) dan perkiraan waktu selesai dalam proses pembangunan.
  3. Setelah persiapan di atas selesai langkah selanjutnya adalah mulai persiapan mendatangkan bahan dan alat-alat yang akan digunakan dalam proses pembangunan pada lokasi pembangunan.
  4. Hingga sampai waktu pelaksanaan di mulai sesuwai perencanaan yang di tentukan ( waktu yang sudah direncanakan ).
  5. Pertama kali yang harus di bangun adalah kontruksi dasar yaitu bagian terbawah atau penopang dari bangunan yang akan di kerjakan, misal tiang pancang, foot plat, pondasi, pengurukan kembali jika diperlikan, penambahan urukan, dan jenis pekerjaan dasar yang lain.
  6. Setalah bagian dasar bangunan mulai menuju ke bagian-bagian yang lain, misal pembuatan rangka sloof, pengecoran sloof, pembuatan rangka kolom, pengecoran rangka kolom, pembuatan rangka ring balk, pengecoran rangka ring balk, pemasangan dinding dan kusen.
  7. Setelah pembangunan sudah mulai ke tahap pemasangan dinding batu bata jangan lupa jika ada pemasangan instalasi-instalsi yang perlu di tanam pada dinding ataupun dalam setruktur lainya, misal instalasi air bersinh, instalasi air kotor, instalasi listrik semua pemasangan instalasi harus sesuwai dengan perencanaan. 
  8. Setelah semua setruktur bangunan selesai di buat tahap berikutnya adalah finising atau penghalusan bagian-bagian bangunan mulai dari pemlasteran , proses pengacian sampai dengan pengecatan ( pemberian warna pada bangunan sekaligus sebagai pelindung dinding dari resapan air hujan dan panas matahari ) proses ini sangat lah penting karna dengan proses terakhir ini sebuah bangunan dapat terlihat rapi dan bagus untuk di lihat.
Nah begitulah kurang lebihnya gambaran atau tata urutan proses pembangunan yang umum. Dalam teknik sipil penentuan persiapan dapat dilihat dari besar kecilnya pembangunan atau proyek yang akan di laksanakan maka dari itu jangan heran jika proyek-proyek besar yang mencakup internasional atau dunia perlu perencanaan sampai dengan waktu yang bertahun-tahun karna apa setiap proyek memiliki kesulitan dan tantangan masing-masing untuk di selesaikan oleh ahli bidang perencana ( arsitek ) dan pelaksana pembangunan ( teknik sipil ). baiklah sekian pembahasan saya kali ini, semoga ilmu atau pengalaman saya bisa bermanfaat bagi anda.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN