BELAJAR BEKERJA SECARA TEAM BAGI LULUSAN BARU SARJANA TEKNIK SIPIL

rangkumtekniksipil.blogspot.com-, BEKERJA DENGAN TEAM merupakan hampir semua pekerjaan di bangunan atau teknik sipil itu segala penyelesaian pekerjaannya dilakukan dengan orang lain , dimana kita sering sebutnya adalah kerja team. 
rangkumtekniksipil.blogspot.com

Tak menuntut kemungkinan saat bekerja dengan orang lain itu akan timbul ide ide yang cemerlang , 

Namun juga akan timbul sifat keegoisan yang hakekatnya dimiliki setiap orang . 

Nah dari hal ini kita dapat melihat dari filososi yang tidak kita sadari kita bangun setiap hari, ya bangunan kita akan kokoh berdiri dengan gagahnya . ulah siapa ?? 

Atau ulah matrial apa..? 

Pastinya semua komponen atau semua matrial berpengaruh bukan ?? ya itu layaknya dirikita saat bekerja secara tim (team Work). 

Banyak diantara kita yang hanya mengurusi ego sendiri, yang jadinya atau korbanya siapa lagi kalau bukan bangunan yang terbengkalai. 

Faktanya banyak hal itu, namun saya masih tetap yakin bahwasanya jeruk itu tak selalu masam, 

Karya anak bangunan /teknik sipil terjejer disetiap orang memandang , indah ,nyaman untuk dilihat maupun dihuni. 

Kita patut bangga akan hal itu sodara jangan selalu melihat titik hitam pada kertas yang putih. 

Namun kita harus menyadari itulah pekerjaan kami dan kami bangga itu, semua butuh proses taka da yang instan dan nikmati proses itu .. 

Membangun bangunan bukan semudah membalikan kertas gambar sodara , bukan juga sehari ,2 hari jadi ya semua itu butuh proses 

Intinya kalau kita bekerja secara tim itu patuhlah pada atasan kita , namun juga ingatkan bila beliau salah , karena team kerja kita . 

“Bagaimana bila atasan tidak mau dikasih tahu yang benar.??” 

Sepandai apapun kamu pasti akan kalah dengan yang namnya kebijakan. Dan itu nyata apa adanya bila tak mau dikasih tahu dengan baik baik bahwa itu salah ,jawabannya adalah Mengundurkan diri. 

Jelas itu sodara pekerjaan bukan ajang main main, salah ya meja hijau urusannya . 

Jadi intinya kita saat bekerja secara tim harus punya dasar yang kuat untuk menegakan kebenaran itu, bila iya –ya dan bila tidak tidak.

 “Admin RTS saya baru saja lulus smk/Kuliah belum ada pengalaman sama sekali mengenai kerja tim, bagaimana itu??” 

Intinya hampir seperti dasar diatas yaitu patuhlah pada atasanmu , karena beliau yang bertanggung jawab atas gagal dan berhasilnya proyek itu , walaupun kamu disuruh suruh taatilah , karena sodara juga harus tahu sendiri bahwasanya ilmu sodara itu masih fress, belum ada bekal dan memang sodara itu bekerja dan menjadi karyawan ya kerjaaanya disuruh suruh atasanlah , walaupun itu jengkel. 

Namun selayaknya kita sebagai atasan juga tahu sendirilah supaya anak buah kita tetap royal pada perusahaan itu bagaimana, bila udah tertanam totalitas tanpa batas dalam dirinya pastinya nanti anda sebagai atasan akan enak sekali dalam bekerja. 

“saya sepertinya tidak cocok deh bekerja secara tim . apa ya pekerjaan yang cocok bagi saya di bidang bangunan yang tidak bekerja dengan tim” 

Pertanyaan yang menarik , perlu diketahui suatu karya yang besar itu perlu yang namnya dukugan dorongan dan lain sebagainya . kalau sodara ingin bekerja secara individu bisa. 

Missal nih diproyek proyek kecil, di kab. Banyak nanti pekerjaan pekerjaan rumah ,bangunan sekolah dan gedung gedung seperti ruko dll. 

Pastinya bila sodara ikut gabung dengan proyek kecil . yakin deh akan dikerjakan sendiri ( namun dalam perencanaan ya ) walaupun nanti juga dikonsultasikan tapi seperti kerja sendirikan . hehe 

Semisal nih menggambar desain bangunan sendiri , RAB sendiri jadinya seperti individukan kan hehe, walau kita kembali lagi bahwa manusia itu adalah mahkluk sosial dimana manusia itu tidak bisa hidup sendiri , 

Jadi perlu yang namanya uluran tangan orang lain . 

Jadi untuk bekerja secara tim itu intinya adalah hilangkan ego kita , yakinlah rekan rekan kita itu bekerja untuk yang terbaik. Jangan pernah merasa ide yang sodara punya itu paling hebat sendiri. 

Ya mungkin itu sedikit dari RTS , semoga bisa membantu rekan rekan kita yang baru lulus dan mau bekerja ddidunia kerja yang sesungguhnya. 

Sekian Mohon maaf bila ada kata kata yang salah Seperti biasa 
 Terima Kasih 

Salam Sipil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN