METODE PENGUJIAN KADAR AIR TANAH (WATER CONTENT)

Merupakan metode kedua praktikum uji tanah , sudah jelas pastinya dari judulny yaitu mencari kadar air tanah , berapa % sih tanah itu kadar airnya semisal. Caranya cukup sederhana namun tidak boleh dipermudah ya, harus perlu yang namanya ketelitian berikut caranya : 
rangkumantekniksipil.blogspot.com
gambar diatas merupakan pembakaran tanah dengan spirtus , karena untuk mempercepat jadi tidak dioven .

A. Uraian 

 Kadar air merupakan perbandingan antara berat air yang terkandung dalam tanah dengan berat butiran tanah kering yang dinyatakan dalam persen (%). Pengujian kadar air dalam praktikum ini menggunakan standar ASTM D2216-92 (1996). 

B. Tujuan 

 Mengetahui kadar air yang ada dalam tanah uji. 

C. Dasar Teori 

     Tanah didefinisikan sebagai material yang terdiri dari butiran mineral-mineral padat yang tidak tersementasi satu sama lainnya serta terletak diatas batuan batuan dasar. Ikatan butiran relatif lemah yang disebabkan karena adanya ruang (rongga) diantara pertikel-pertikel butiran pada tanah. Ruang tersebut berisi air dan udara malah bisa kedua duanya. 

    Apabila tanah sudah benar-benar kering maka tidak akan ada air sama sekali dalam porinya. Keadaan ini jarang ditemukan di tanah yang masih dalam keadaan asli/tanah dilapangan. Air hanya dapat dihilangkan dari tanah apabila kita ambil tindakan khusus untuk maksud itu, misalnya dengan memanaskan didalam oven. Penyelidikan tanah yang memadai merupakan suatu pekerjaan pendahuluan yang sangat penting pada perencanaan sebuah proyek. Oleh sebab itu perlu dilakukan uji kadar air pada tanah agar derajat kejenuhan pada tanah jangan sampai dikacaukan dengan kadar, yaitu perbandingan antara berat air dalam contoh tanah dengan berat butir. 

    Segumpal tanah dapat terdiri dari 2 hingga 3 bagian.saat kondisi kering,. kondisi jenuh air, tanah terdiri dari dua bagian yakni butiran tanah dan air pori. Pada kondisi natural, tanah terdiri dari tiga bagian, yakni butir tanah, pori udara dan air pori. Hubungan berat dan volume yang digunakan dalam mekanika tanah adalah : kadar air, porositas, angka pori, berat volume, berat jenis derajat kejenuhan dan lain-lain.

D. Alat dan Bahan 

1. Cawan kadar air (tin box)
2. Timbangan ketelitian 0,01 gram
3. Oven
4. Desicator
5. Contoh tanah hasil boring

 E. Cara Kerja 

1. Timbang cawan yang akan dipakai lalu diberi tandalnomor.
2. Masukkan benda uji yang akan dìperiksa kedalam cawan tersebut.
3. Timbang cawan yang telah berisi benda uji tersebut.
4. Masukkan kedalam oven yang suhunya telah diukur i 10 °C selama ±24 jam sehingga beratnya           konstan.
5. Setelah dikeringkan dalam oven, cawan terisi benda uji tersebut lalu dimasukkan ke dalam                   desicator agar cepat dingin.
6. Setelah dingin, timbang kembali cawan yang telab terisi benda uji kenng tersebut. Data dan                 perhitungan Untuk menentukan besarnya kadar air (water content) yang terkandung dalam tanah         asli digunakan rumus:


Dimana:
w = kadar air (%)
 a = berat cawan kosong (gram)
 b = berat cawan + tanah basah (gram)
 c = berat cawan ± tanah kering oven (gram)

Itulah metode pengujiannya bila sekiranya ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar dibawah ini , dan bila mau file unduhannya silahkan download Analisa Pengujian Kadar Air Tanah Sekian dari RTS semoga bermanfaat 

Terima Kasih


Salam Sipil

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN