JENIS JENIS SOFTWARE TEKNIK SIPIL

Banyak diantara kita yang belum mengetahui mengenai jenis jenis software teknik sipil ,sebenarnya ada banyak sekali software untuk mempermudahkan pekerjaan teknik sipil maupun arsitektur, dan kita mikir mungkin software itu hanya Autocad,Skechup ,sap2000, Ms Offisce ,Etabs itu saja bukan ?

Ternyata selama ini kita terlalu berfikir sangat sempit bila kita hanya mengetahui software seperti diatas jadi disini RTS (Rangkuman Teknik Sipil) mencoba merangkum agar mempermudah sodara sodara memahami materi yang ada dalam artikel ini.

Manfaat software teknik sipil sudah jelas seperti diatas yakni membantu dan mempercepat pekerjaan manusia, kebayang bukan bila kita melihat jaman dulu orang mau gambar harus berbulan bulan dan menggunakan meja khusus untuk mengerjakannya ,maka dari itu sudah ada software yang membantu kita dengan mudah maka tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar dan satu lagi jangan budayakan hidup instan karena semua didunia ini butuh yang namanya proses. Baiklah kita pisahkan terlebih dahulu agar rekan rekan mudah memahaminya , jadi disini kita klasifikasikan terlebih dahulu:
rangkumantekniksipil.blogspot.com

  1. Software untuk menghitung struktur. 
  2. Software untuk menggambar. 
  3. Software Bidang transportasi dan keaiiran. 
  4. Software Bidang Manajemen. 


Baiklah kita bahasa satu persatu mengenai software- software diatas :


Software untuk menghitung struktur 

 Sudah jelas pastinya fungsi software software ini yakni untuk mempermudah dalam menghitung struktur contohnya :

SAP2000 

Software ini sangat terkenal dan banyak sekali digunakan orang orang untuk menghitung momen , struktur gedung berlantai , dan jumlah tulangan pada kolom maupun balok, karena aplikasi ini sangat lengkap jadi sampai sampai di ajarkan di perkuliahan tepatnya semester 3.

ETABS 

 Selain Software SAP2000 juga banyak sekali ETABS digunakan karena firtur dan fungsinya juga tidak terlalu jauh dengan SAP2000 ,yaitu menghitung kekuatan konstruksi yang akan dibangun , baik jenis tulangan dan sebagainya.


EngiLab Beam 2D 


Software ini digunakan untuk metode matriks kekakuan yang saat ini sudah mulai digunakan untuk perhitungan struktur , kita juga bisa mensetting untuk bahasa Indonesia.

Software TDS-302 


Dengan menggunakan data logger TDS-302 secara otomatis dapat membaca hasil test struktur, hasil pembacaan mentah maupun berskala disimpan secara realtime kedalam file guna diproses lebih lanjut.


Software SUTFondation. V.1.0 

Software ini digunakan untuk menganalisis dan mendesain sebuah pondasi.

Software UCAM -70A 

Hampir sama dengan software TDS-302, UCAM-70A ini juga digunakan untuk melakukan pengujian atau pembacaan hasil test struktur dengan pembacaan mentah maupun berskala disimpan secara realtime kedalam file guna diproses lebih lanjut.

Software Lab.Pro V 1.00 

Software ini digunakan untuk pengujian mekanika tanah dengan menampilkan atau melaporkan data berupa tabel dan grafik.

Software SANSPRO V.4.7 

Software ini banyak sekali digunakan oleh konsultan dalam merencanakan bangunan , namun lambat laun banyak pula konsultan beralih menggunakan software ini karena diras lebih sederhana dan mudah dalam pengerjaannya.

Sofware REBARM 

Bagi yang berkecimpung dibaja sangat mengenal software ini ,REBARM digunakan untuk melihat sekitar 40 jenis tekukan pada baja . Interaktive input yang disertai bentuk tekukan.

Software PWRLINE 

Software ini digunakan untuk menara transmisi tegangan PLN Secara otomatis ,beban angin ,beban kondisi layan dan beban putus Software ini telah digunakan untuk membangun menara oleh para konsultann dan pabrik tower se Indonesia.

Software TREMOR 

 Mungkin kita jarang mendengar software ini data yang dihasilkan oleh software ini adalah perilaku getaran struktur akibat beban dinamik yang kecil seperti lalu lintas jalan raya atau kereta api.Software ini dibuat untuk Lab.struktur dan gempa puskim bandung.

Software STEELCON 

 Jelas dari namanya Steel software ini dikhususkan untuk merencanakan sambungan baja. Software ini menyediakan 7 macam sambungan .

Software DYNAX 

Merupakan software yang digunakan untuk struktur rangka Software FOOT Seperti namanya Foot software ini dikhususkan untuk merencanakan pondasi telapak secara otomatis jadi kita tinggal memasukan dimensi yang akan kita rencanakan .

Software RETWALL 


 Program yang canggih ,software ini digunakan untuk menghitung atau merencanakan concrete Cantilever Wall , denag otomatis tinggal memasukan saja nilai atau dimensi yang akan kita gunakan , software ini sangat mudah dan dapat menghitung momen maximum pula.

Software BASEMENT 

Software yang sangat cocok bila kita ingin membangun basement , karena perhitungan kita akan muncul secara otomatis sehingga akan sangat memudahkan pekerjaan kita. Semua akan dihitung oleh software ini.

Software PURLIN 

Masih ada kaitannya dengan baja, Purlin merupakan software yang akan membantu sodara dalam menghitung gording baja secara ekonomis dan tentunya cepat pula, cukup memaukan angka sudut atap yang digunakan , jarak gording dan bentangnya,


 Software PSLOPE 


Merupakan software yang digunakan untuk stabilitas lereng , software ini sudah banyak digunakan untuk pembangunan proyek Dam,reklamasi,perkuatan lereng dan juga basement.

Software SOILAB V3.1 

Ini merupakan software yang sangat lengkap sekali dimana dalam pengujian tanah sekitar mungkin ada 12 metode berada dalam 1 software , luar biasa bukan.

Software PCAD for Windows 

Walaupun masih dalam pengerjaan karena software ini hanya dijalankan di DOS bukan Windows , namun software ini mempunyai target yaitu hanya focus pada penggambaran struktur beton dan baja.

Software INFLINE 

Merupakan software yang digunakan untuk mengetahui garis pengaruh dari sebuah balok menerus , semua akan ditampika oleh software ini baik itu grafik maupun hasil yang ditabelkan , program ini juga dapat digunakan untuk desain girder jembatan , dan desain deck jembatan

Software NBRIDGE 

Seperti namanya Bridge , ya program ini dikususkan untuk jembatan diamana pengapliakasiannya sangatlah mudah dalam waktu 5 menit saja sudah selesai untuk 1 jembatan , dimana semua akan diperlihatkan oleh software ini garis pengaruh momen maksimum dan lain sebagainya.

Software ANGEL 

Merupakan alat bantu penghitung sifat penampang siku , software ini juga cocok di duetkan dengan Sanspro.

Software STEELDBS 

Merupakan software penampang baja , hampur kurang lebih 1300 penampang baja ada pada aplikasi ini , sangat lengkap bukan? Baik siku,pipa sampai ke Tee

Software CONBAR 

Program yang digunakan untuk menghitung 1 penampang beton , semisal kolom ,balok plat dan lain sebagainya.


Software DSGWIN 


Hampir sama program ini juga fungsinya untuk menghitung kapasitas 1 penampang beton

Software NPILE 

Merupakan software yang digunakan untuk mengolah data test sondir ,SPT borlog untuk mendapatkan kapasitas pondasi tiang pancang .

Software PILECAP 

Merupakan software yang digunakan untuk mendesain pilcape secara otomatis , sihingga dalam pengerjaannya bila kkita ragu gunakanlah software ini, ada banyak macar tersedia pilcap seperti , kotak , segitiga bulat dan lain sebaginya.

SOFTWARE UNTUK MENGGAMBAR 

Biasanya software ini banyak digunakan oleh rekan kita arsitektur , namun juga tidak menutup kemungkinan kalau kita teknik sipil juga akan menggunakannya . Berikut macamnya :


Autocad 


Software sangat mutahir sekali dan sangat banyak digunakan oleh para perencana dalam menggmbar baik 2D maupun 3D, keakuratan dari autocad ini sudah tidak diragukan lagi.

SketchUp 

Program 3D ini sangatlah mudah kita guakan mengapa, karena tidak seperti autocad yang memang sedikit ribet dari pada Sketch Up, software ini juga sangat diminati untuk menggambar 3D.

3DS Max 

Software ini sangat membatu sodara untuuk menggmbar 3D yang hasilnya Real, karena ada tambahan Vray yang sangat sangat mendekati hasil nyata , program ini dirancang untuk pembuatan animasi pula, namun para Engginer digunakan untu membuat interior maupun exterior.

SweetHome3D

Seperti halnya Google Skechup sudah banyak fitur yang ada di bangunan ini, jadi sangat mudah dalam aplikasinnya, namun SweetHom3D lebih ke rumah tinggal, jadi tinngal pilih dan pasang saja, ada pula versi adroindnya (smartphone).

Mini Cadviewer 

Seperti SweetHom3D program ini juga dirancang untuk medesain bangunan 3D , dengan fasilitas segala bentuk komponen objek sudah disediakan oleh penyedia program.


SOFTWARE BIDANG TRANSPORTASI DAN KEAIRAN 

Merupakan software yang dikhususkan untuk membantu perencanaan transportasi dan keairan.

Software HEC-RAS 

Program ini digunakan untuk perencanaan hidraulika saluran terbuka , dan untuk evaluasi banjir pula.

Software WMS (Watershed Manajemen System) 

Atau juga bisa disebut manajemen system DAS (Daerah Aliran Sungai), program ini digunakan untuk drainase perkotaan dan lain lain.


Software EPANET 


Program yang dikhususkan untuk membuat jaringan perpipaan ini sangat membantu sekali dalam pekerjaan sodara bila disibukan dalam merencanakan saluuran tertutup(perpipan).

Software Pipe Flow Expert 

Ya seperti halnya namanya pipa Expert, software PFE (Pipe Flow Expert) ini digunakan untuk perencanaan pipa dengan keakuratan yang tinggi.

Software OSCADY, Software PICADY 

Merupakan kedua software yang digunakan untuk simpang bersinyal (OSCADY) dan simpang tak bersinyak (PICADY)


Software ARCADY 


 Seperti namanya ARC ,diperintah autocad merupakan bentuk dari Bundara , ya itulah fungsi software ini untuk menentukan tikungan (bundaran pada jalan) Dan yang terakhir ini ada

Software TRANSYT meruppakan untuk koordinasi simpang bersinyal.


SOFTWARE MANAJEMEN 

Guna mempermudahkan pekerjaan yang ada software manajemen ini dibuat oleh para pengmbang ,menejemne konstruksi sangatlah penting dalam proses berjalannya sebuah proyekberikut RTS merangkum software software yang dapat digunnakan untuk menejemen sebuah konstruksi.

Software MaskiPRO

Fungsi software ini digunakan untuk menghitung Estimasi biaya semacam RAB, fitur yang ada pada software ini sangatlah lengkap dimana fitur fitur tersebut digunakan untuk mempermudah pekerjaan . Fiturnya seperti : Membuat diskon , laporan lengkap , Mengisi kompoen data biaya upah,mencopy secara banyak AHS sekaligus, dan lain sebagainya .

Software PPC

Bukan Pay Per klik ya , hehe, software ini sanagt cocok digunakan untuk menejemen baik perhitungan waktu yang sanagt akurat , bahkan hari libur juga disediiakan oleh software ini . dan juga uraian analisis, namun sayangkanya baru di DOS belum dikembangkan di Windows

Software MATPLAN 

Sangat cocok bagi para Engginer yang berkecimpung di baja karena software ini menyediakan perhitungan kebutuhan baja , dan mengidentifikasi baja per lembar atau perbatangnya , jadi semisal kita akan membangun jembatan dengan struktur baja , maka jumlah yang akan habis dapat dihitung oleh software ini.

Software CS Earth Work 2 

Kali ini software yang dikhususkna untuk perhitungan mekanikan tanah.

Software Ms. Exel 

Sudah banyak yang kenal software ini , bahkan juga digunakan untuk membuat time scadule dan RAB, banyak sekali yang menggunakan software ini karena mudah dalam pengaplikasiannya juga ringan dalam menjalannkannya.

Software Concrete Mix Design 

 Banyak kita lihat dijalan jalan yang menjulang tinggi seperti corong , ya itulah software ini digunakan mendesain atau mencampur beton dengan takaran yang pas dan akuran yang ideal sehingga menjadikan beton bermutu tinggi

Software Unit Converter 

Merupakan software yang digunakan untuk mengkorversikan satuan , dimana program ini terdapat bermacam satuan yang dapat dikonversikan .


Banyak perusahaan yang telah beralik ke software guna memudahkan pekerjaan manusia , jadi banyak pula perusahaan itu membutuhkan orang yang mampu menguasai setidaknya software software diatas , mampukannlah diri anda sendiri, karena sekarang ini tidaklah ijasah yang menentukan nasib anda namun diri anda sendirilah yang menentukannya.

Jadi itulah software software teknik sipil yang RTS dapat rangkum , kemungkinan bila rekan rekan disini mau menambahan supaya menjadi kelengkapan artikel ini dan bermanfaat bagi orang lain kenapa tidak silahkan tambahkan melalui kolom komentar yang ada dibawah . jangan lupa untuk mengikuti RTS melaui Facebook dengan klik Like pada halaman Rangkuman Teknik SIPIL. Sekian

Terima kasih


Salam Sipil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN