10 CARA AMPUH MENGHADAPI UAS PROGDI TEKNIK SIPIL

Uas ( ujian akhir semester ) , dalam artikel ini tidak hanya dapat diterapkan dalam uas saja namun juga bisa di gunakan untuk uts( ujian tengah semester), dan juga bisa diterapkan bagi rekan rekan yang akan menghadapi ujian. Artikel ini saya tulis karena penilis baru saja menyelesaikan Uas semester 4 teknik sipil Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

Uas merupakan ujian untuk menguji materi yang telah diberikan selama satu semester , guna mendapatkan IPK(Indeks Prestasi Kom


ulatif) yang begus dan memuaskan pastinya harus melaksanakan kerja keras dalam berbagai bentuk seperti dibawah ini RTS sudah mencoba merangkumnya dan juga pengalaman pribadi , semoga pengalaman ini dapat bermanfaat bagi semua. Berikut paparannya :

1. Cari info 

Yang ini sangatlah penting untuk kita mencari seluk-beluknya materi yang akan diujikan , kalau rekan rekan SMA ketahui mungkin ujiannya tidak akan seperti di bangku SMA karena ujiannya bersifat soal yang di tulis/uraian bukan pilihan ,dan sifatnya ada yang bersifat open book. 

Cari info ini pada dosen yang terkait semisal mata kuliah Irigasi cari atau hubungi dosen irigasi kira kira kisi kisi uas apa saja , yakin deh pasti dikasih kalau tidak dikasih setidaknya juga ada sedikit petunjuk ,kemudian Tanya rekan rekan sekelas atau kelas lain untuk materi yang didapat dari dosen apa saja samakan Saling berkomunikasi untuk bahas itu bahkan bias juga buat belajar kelompok.



2. Persiapkan 

materi Perlu hukumnya setelah sodara mempunyai kisi kisi mengenai materi yang akan di ujikan maka langkah selanjutnya adalah dengan mencari materi materi tersebut yang sesui , jadi seperti diatas komunikasi dengan rekan sekelas jangan sampai putus karena itu akan saling membantu sodara , bias juga cari cari tambhan materi di internet ,jangan lupa soft materi di printout supaya proses belajar lebih nyaman. 

3. Baca 

Ibaratnya akan percuma hal kedua diatas kalau sodara malas untuk membacanya ,proses belajar itu tidak ada yang instan jadi gunakan dan manfaatkan prosesmu sebaik mungkin karena hal itu tak akan terulang kembali , so jangan sampai menyesal dikemudian hari.


4. Latihan 

Latihlah otak anda dengan soal soal yang sesuai materi yang akan keluar kuasai ,coba berulang ulang , ciri anda sudah bisa adalah anda sudah bisa mengerjakan tanpa harus buka buk, memang kita tahu bahwa soal soal teknik sipil itu mudah namu perlu ketelitian yang amat ,jadi jangfa pernah katakana sulit. 


5. Fahami 

Setelah soal soal latihan yang sodara kerjakan ,coba perhatikan sejenak untuk melihat dan memahami setiap langkah penyelesaian soal soal ( ini yang kit bahas saol hitungan ya… !! mengingat soal soal di teknik sipil kebanyakan adalah hitungan ). 

6. Fokus 

Fokuslah saat mengerjakan , perlu diketahui sodara hanya dikasih waktu 90 menit untuk menyelesainkan kurang lebih 4 soal yang penyelesaanny memankan banyak kertas, hehe. Atur waktu sodara lebih baik bawa jam targetkan agar penyelesaanya bisa tepat waktu, focus ppada pertanyaan bukan teman.


7. Tenang 

Tenanglah saat mengerjakan soal soal jangan sampai kepanikan sodara memecahkan fikiran sodara , ibarat mau mengambil air ditanah yang keruh maka harus tenang dan hati hati supaya bisa mengambil air yang jernih.

8. Jujur 

Jujurlah walau jujur itu melewati neraka, apapun yang ada lalukan sekarang akan mempengaruhi sodara kelak nanti, sodara masih mahasiswa sudah tidak jujur berarti sodara telah membangun kebiasaan masa depan anda. Kalau memang tidak bisa taati peraturan ujian yakin terhadap diri sendiri 

 9. Jangan pernah sesali 

Jangan sekali sekali menyesali apa yang sodara usahakan hargai usaha anda sendiri jangan smapai frustasi karena kesalahan yang sodara buat,

10. Serahkan pada Tuhan 

Tak akan ada hal lain lagi selain berpasrah diri terhadap apa yang kita lakukan , ingat setiap daun jatuh itu adalah atas kehendak Allah, maka jangan sekali sekali sodara merasa sudah menjawab semua 100 % yakin dan itu benar , berarti sodara telah membuat kesalahan yang amat besar. Ingat Tuhan maha tahu dan yang terbaik untuk sodara itu yang seperti apa, maka yakinilah itu. 

Jadi ingat sebenarnya tujuan ini untuk apa?? Ya untuk memantaskan sodara agar lebih baik lagi ,lebih bisa menguasai ilmu yang sudah dipelajari bukan untuk melakukan kecurangan kecurangan , 

 Jadi itulah sedikit yang penulis bisa sampaikan sekiranya bila sodara punya hal hal yang lain dan lebih baik lagi bisa di tuangkan melalui komentar dibawah .

 Terima Kasih

 Salam Sipil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN