CARA MENCARI BEBAN ANGIN PADA BATANG YANG BERSEBERANGAN

rangkumantekniksipil.blogspot.com 

Perhitungan beban miring pada kuda kuda sering kita temui pada beban beban yang bekerja pada kerangka kuda kuda itu sendiri semisal beban mati beban,hidup, dan beban angin dalam penyelesaiannya / sebelum mencari perhitungan beban angin perlu dicari perhitungan beban miring yang ada pada kerangka kuda kuda baik beban tekan maupun beban hisap 

Dalam hal ini penulis akan sedikit share cara menghitung beban akibat angin pada batang yang berseberangan . mungkin disini kita sedikit bingung dimana sih yang namanya letak batang yang berseberangan ??

rangkumantekniksipil.blogspot.com


Itulah kaki kuda kuda yang dinyatakan sebagai batang bersebrangan, jadi bila kita ingin mencari beban akibat angin yaitu dengan mengitung yang bagian kaki kuda kudanya saja , semisal di bawah ini . bagian yang akan kita hitung adalah yang BC1,BC2,BC3,BC4,BC5 dan BC 6.


Dari gambar diatas saya coba kasih contoh perhitunganya :
Perhitungan beban akibat angin.
Semisal ada beban dan ketentuang sebagai berikut :

  1. Beban angin tekan = 51,5 N/m 
  2. Beban angin isap = - 103 N/m 
  3. Jarak kuda – kuda = 3,00 m


 Rumus : Beban angin untuk setiap titik buhul = beban angin x jarak daerah beban untuk titik buhul, dimana panjang daerah beban = 0,5 x panjang batang Maka hasilnya seperti bibawah ini bila kita tabelkan :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN