TIPS SAAT PKL(PRAKTIK KERJA LAPANGAN)

Prakerin (Praktik Kerja Industri)/PKL memanglah bukan hal yang tabu, untuk mahasiswa atau anak SMK teknik. Hal ini merupakan praktik langsung dilapangan supaya para mahasiswa mampu belajar secara langsung bagaimana keadaan dunia kerja ,berhubung dari itu rangkuman teknik sipil menciba untuk membagikan sedikit pengalaman PKL saya saat masih duduk di bangku sekolah , yakni SMK N 2 Purwodadi.

Saat saat mau PKL memang ada rasa kurang begitu enak soalnya kita akan bergabung dengan para ahli bangunan ,yang pada dasarnya mereka bekerja secara professional. PKL atau Pratik Kerja Lapangan merupakan penentu pribadi kita mampu tidak membuat pola piker kita seperti orang yang bekerja , karena kita tidak dituntut untuk main main.

Kali ini Tips yang saya dapatkan pula dari kampus-blog. Akan saya terapkan pula disini aga hala hal yang kurang pas diterapkan saat PKL tidak kita lakukan dan pastinya kita ingin mendapatkan nilai yang maximal.

Sebelum kita menginjak lebih jauh saya akan membahas sedikit mengenai apa sih itu PKL ??

Mungkin rekan rekan yang tidak mahasiswa Teknik Sipil pastinya akan sedikit bingung , ini menurut saya pribadi bahawasanya PKL adalah sebuah Progam kuliah atau sekolah yang langsung terjun dilapangan guna mewujudkan Lulusan yang Trampil dan handal .

Jadi diharapkan setelah Lulus para mahasiswa ini mampu membayangkan atau setidaknya sudah ada pengalaman yang dapat membuat mahasiswa menjadi professional.

Tips saat mau PKL : 

rangkumantekniksipil.blogspot.com

Hal hal yang perlu disiapkan, 

Saat mau PKL adalah persiapkan semua administrasi yang akan diberlakukan seperti buku PKL dan laun sebagainya , jangan sampai administrasi ini menjadi penghalang sodara yang akan melakukan PKL . perlu sodara ketahui bahwasanya dunia kerja itu managemennya sangatlah rapid an jelas , jadi kalau sodara sangat berantakan siap siap deh , dikucilkan perusahaan . maka siapkan betul betul hal hal yang akan mengenai perlengkapan saat , mau PKL.

Pilih yang menjurus 

Menurut pengalaman orang banyak hehe, maka pilihlah yang sesuai keingian sodara semisal sodara ingin melaksanakan atau menjurus ke hal hal yang lebih dalam hal administrasi bangunan maka pilihlah hal hal yang PKL yang mau menjurus ke Pembangunan bnagunan gedung , apartemen , hotel dan lain sebagainya , maka dari itu akan sangatlah mendalam tentang bagaimana memanagemen subuah bangunan , didalamnya sodara dapat Tanya Tanya jauh mengenai proses pembangunannya . 

Walaupun salah atau tidak tahu janganlah ragu untuk bertanya , karena kemungkinan hal itu akan sodara ingat sampai nanti lulus kuliah.

Missal lagi sodara ingin menjurus ke ahli pondasi , air maka carilah perusahaan yang menjalankan atau perusahaan yang ahli dalam bidang bangunan air, , jadi akan lebih jelas nantinya . karena tidak semprawut.

Pelajari latar belakang perusahaan

Ini cukup penting dikarenakan supaya kita ebih yakin bahwasanya ini atau tempat yang akan kita buat PKL mampu memanagemen sebuah proyek maka cari tahu dulu perusahaan tersebut ahli dibidang apa?? Bisa cari di google, Tanya tanya sodara dan lain sebagainya , jadi sebelum kita terjun langsung kita mampu mempelajari terlebih dahulu perusahaannya.

Setelah OK , maka tinggal kita bawa surat permohonan prakerin dari Universitas atau dari sekolah kita. Berikan kesana apakah boleh kalau kita ingin mengajukan prekerin disana.

Pelajari Materi Kuliah 

Perlu sekali mempelajari mater materi kuliah sebelum terjun langsung ke dunia kerja , karena disana kita akan membantu bantu mengenai hal hal yang sekiranya belum pernah kita terima di dunia perkuliahan. Semisal pembimbing kita Tanya atau bos yang disana kita tiidak parah parah amat. Jadi jelas yang ditanyakan sama yang akan kita jawab. Semua itu butuh proses perlu diingat kita tujuan dari PKL adalah belajar jangan sok tahu dan lain sebagainya.

Jaga Kesopanan 

Merupakan hal yang sangat penting sekali bhawasananya akhlak kita cerminan dari diri kita sendiri , baik buruknya kita dinilai dari sopan santun kita ,ingat tujuan kita adalah belajar jadi jangan sok pinter, atau jika disuruh suruh lama lelet, perusahaanpun juga akan malas sama kita . selain membawa diri kita sendiri yang terpenting adalah kita juga membawa nama baik kampus kita .jadi belajarlah mendayung sampanmu sendiri.

Yang paling enak kalau kita menjaga sopan santun kita , pembimbing maupun rekan kerja yang ada diperusahaan akan senang dengan kita , sehingga akan mempermudah segala urusan kita. Yang perlu diingat bahwasanya kita tidak boleh cari cari perhatian , karena yang baik itu sudah diperhatikan.

Manajemen Waktu 

 Mungkin sudah akan kita sadari bahwasanya orang bekerja akan banyak sekali makan waktu , kecuali bos, karena bos bisa melakukan seingin dia, karena yang punya perusahaan dia. Jadi waktu kita kemungkinan akan banyak sekali di perusahaan , jadii kita harus pintar pintar mengatur waktu kita sendiri . dimana saat bekerja,belajar , dan mengerjakan hoby kita jadi jangan sampai waktu kita terganggu karena kita tidak bisa memanjemennya dengan baik. Biasanya dari kampus akan memberikan buku untuk diisi dalam setiap pekerjaaan atau PKL sodara , jadi diharapkan diperhatikan betul betul.

Berfikir Lebih 

Jadi selain sodara menikmati belajar yang ada dilapangan dan dikantor sodara harus ingat tujuan awal sodara bahwasanya disitu untuk mnyelesaikan tugas kampus. Jadi persiapkan pula untuk penyusunan laporan PKL sodara , sehingga akan lebh mudah daripada sodara selesai baru menyusunnya. Memang ini akan membuat anda menjadi berfikir dua kali ,namun akhirnya akan lebih enak dibelakangnya, jadi sodara bisa sambil susun susun laporan maupun skripsi sodara . karena kalau kita persiapkan jauh jauh hari hasilnya akan lebih baik.

Jadi yang harus sodara dapatkan setelah PKL nantinya adalah mendapatkan hasil laporan yang baik setidaknya hanya kurang beberapa saja saat akan menyelesaikan laporannya. Dan yang kedua adalah sodara sidah mendapatkan konsep atau topic untuk pembahasan skripsi sodara nantinya . jadi diharapkan sodara akan cepat Lulus dan mendapatkan nilai yang Bagus Aamiin.

Itulah sedikit mengenai pembahasaan saat mau melakukan PKL , jadi sodara sudah punya gambaran dan tujuan yang jelas saat apa saja yang akan dilakukan ketiika PKL . Sekian rangkuman teknik sipil yang dapat diberikan semoga hal ini mampu menambah manfaat ilmu sodara , dan semoga PKL sodara dapat sukses, sekian dari penulis jika ada kata kata yang kurang pas mohon maaf.

Terima Kasih

 Salam Sipil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN