PENGERTIAN KONTRAKTOR DAN KONSULTAN

Sebelum kita mau mendirikan perusahaan dibidang konstruksi khususnya ,alangkah baiknya kita tahu akan seluk beluk perusahaan yang akan kita dirikan , jangan sampai nanti perusahaan malah mangkir dii tengah jalan hal semacam ini sudah banyak sekali kita temukan didalam perushaan menengah kebawah , kenapa hal itu bisa terjadi ?? nah inilah salah satunya kebanyakan para pendiri perusahaan belum tahu seluk beluk saat mendirikan perusahaan , baik itu pangsa pasarnya SDM nya dan lain sebagainya . 

Rangkumantekniksipil (RTS) akan mencoba sedikit tentang apa sih itu yang dimnamakan kontraktor dan apa sih yang dinamakan konsultan . 

Selain membahas ini saya akan memberikan sedikit pengalaman saya selain sebagai mahasiswa saya juga bekerja secara freelanch di sebuah perusahaan CV. Yang saya kerjakan adalah menggambar gedung gedung bisa juga disebut drafterman. Perusahaan saya bergerak dibidang konsultan . lumayan banyak proyek proyek yang sudah di kerjakan . 

Agar tidak begitu membingungkan alangkah baiknya kita langsung saja ke permasalahan diatas , 

PENGERTIAN KONTRAKTOR 


Kontraktor adalah Seseorang atau sekelompok Orang yang melakukan kerja sama yang diikat dalam sebuah kontrak atau kesepakatan dengan orang lain yang atau pemilik proyek/ Owner untuk pekerjaan proyek tertentu. Misalnya untuk pekerjaan landasan terbang,pelabuhan Jembatan, Bangunan Gedung, dan lain sebagainya. 

Jadi mereka mengerjakan atau melaksanakan pekerjaan yang sudah direncanakan oleh pihak tertentu sebelumnya. Mungkin cukup jelas tetang hal ini , 

Selain diatas karena proyek yang dijalankan begitu besar maka ada lagi yang namanya sub kontraktor adalah Seseorang atau sekolompok orang yang bekerja sama dengan Kontraktor Utama untuk satu Pekerjaan tertentu yang dikerjakan oleh Kontraktor utama. 

Jadi bila kita ibaratkan ini adalah cabang dari kontarktor atau pelaksana yang utama , seperti diats karena macam item pekerjaan yang harus diselesaikan begitu banyak maka kotraktor utama akan menyuruh kontraktor atau ahli sebagai untuk pelaksana atau pekerjaan tertentu. 

Misalnya Untuk Pengadaan Material,(intinya pekerjaan tertentu yang akan dilakukan oleh ahli) Pemasangan Sanitasi, Pekerjaan Elektrikal dan Mekanikal. dan lain lain. 


Namun kontraktor untuk melaksanakan pekerjan yang akan diberikan maka merekan harrus mempunyai keterangan atau legitimasi yang jelas sehingga keberadaan maupun pekerjaannya dapat dipertanggungjawabkan . maka mereka harus membawa nama dari PT atau CV 

 PENGERTIAN KONSULTAN 


Setelah kita tahu apa itu kontraktor maka sekarang kita kan membahas tentang apa sih itu konsultan , mungkin banyak rekan rekan disini yang sudah pernah mendengarkan sebuah perusaahaan yang bergerak dibidang konsultan perencana , nah apa itu konsultan . 

Kalau dilihat dari namanya pasti sudah jelas yakni konsultan = konsultasi , ya konsultan adalah sekelompok atau seseorang yang ahli dibidang bangunan atau konstruksi/tenaga ahli professional yang menyediaakan jasa konsultasi . jadi mereka siap melayani para konsumennya atau cleintnya untuk menjawab semua kebutuhan cleint , semisal mereka akan mebangun rumah dengan kondisi bagaimana luas tanah berapa , maka bangunan yang cocok digunakan bagaimana . 

Namun akan berbeda lagi bagi konsultan yang bergerak dibidang jasa konstruksi , mengingat konsultan itu macam macam ,biasanya mereka akan membantu pekerjaan Owner atau Kontraktor. Layaknya diatas para konsultan juga harus mempunyai lentera yang bergerak dibidang konsultan. 

Itulah yang dinamakan sebagai konsultan maupun kontraktor. Baik konsultan maupun kontraktor harus adanya sebuah hubungan yang saling bekerjasama mengingat dalam pelaksanaan proyek bangunan akan banyak sekali proses yang akan dilalui sehingga bangunan itu bisa berdiri , jadi harus ada kerja team yang kuat antara konsultan dan kontraktor maaupun pengawas. 

Mungkin sedikit rangkuman teknik sipil yang dapat dibagikan semoga artiikel ini dapat bermanfaat bagi rekan rekan yang akan mendirikan perusahaan maupun untuk pengetahuan , supaya para kontraktor kita tidak parah parah amat sehingga mempunyai wawasan yang luas dan cerdas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat mohon maaf biila ada slah salah kata . 

 Terima kasih 


 Salam sipil

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN