7 ARTI WARNA HELM PROYEK WAJIB TAHU!!!

K3 (Kesehatan dan Keslamatan Kerja) dalam proyek sangatlah penting hal ini ,perlu ditekannkan pada semua pekerjaan untuk melaksanakan standart K3, mengapa demikian ??karena setiap pekerjaan mengandung resiko yang dapat mengakibatkan nyawa seseorang taruhannya ,banyak kejadian kelalaian para pekerja dalam melakukan pekerjaannya tanpa strandart K3 yang benar. Peralatan seperti Helm keslamatan,sepatu boot,rompi dan lain sebagainya wajiblah dikenakan saat kita bekerja ,helm dapat melindungi kepela kita bila terjadi kecelakaan kecatuhan benda keras sehingga kepala kita akan aman, sepatu boot melindingi kaki kita karena di dalam proyek banyak sekali matrial yang tidak disangka berada ditanah , rompi gunnya untuk tanda ada pekerja disana apalagi saat malam hari untuk mempermudah bahwa ada pekerja yang lannya. Mengenai helm proyek sesuai denagn judul kita adaa beanyak helm proyek yang dikenakan saat kita di proyek , mungkin para dasarnya helm keslamatanya sama namun yang membedakan adalah warna warnannya saja , kalau kita orang awam pastinya akan ya biasa sajalah kan sama sama helm, atau bahkan bertanya Tanya kok helmnya beda beda warnanya ya?? Jangankan orang awam banyk diantara kita yang lulusan sarjana pun tak mengerti arti warna helm proyek tersebut , maka dari itu rangkumantekniksipil.blogspot.com akan membagikan sedikit ilmu yang telah dirangkum penulis agar para pekerja yang ada diproyek mengetahui arti warna helm proyek yang sesungguhnya tidak hanya langsug pakai saja , disini saya hanya menyampaikan 7 arti warna namun bila ada tambahan silahkan bisa mengisi dikolom komentar diwah ini Berikut ulasannya :

1. WARNA PUTIH



rangkumantekniksipil.blogspot.com

Putih yang bersih ini biasanya digunakan para pimpinan proyek, manager , pengawas , insinyur atau bahkan juga mandor mengenakan ini , pemakai helm ini biasaya mereka bekerja dengan otak tak jarang yang mengenakan helm ini adalah mereka yang lulusan sarjana ,warna putih ini diharapkan para pimpinan proyek bersih hatinya suci ,dan mempunyai tanggung jawab yang besar , karena semisal mereka ini tidak ada maka proyek tidak akan berjalan. Untuk rekan rekan yang mau melaksanakan PKL(Pratik Kerja Lapangan) banyak banyaklah mempelajari ilmu dari mereka , bagaimana cara memanagemen proyek dan lain sebagainya . biasanya mereka sudah berpengalaman yang luar biasa dalam hal membangun proyek.

2. WARNA HIJAU
rangkumantekniksipil.blogspot.com

Yang mengenakan ini biasanya adalah pengawas lingkungan yang mengerti betul akan dampak dan bahaya limbah dari sebuah bangunan , jadi meraka bertanggungjawab akan limbah limbah yang dihasilkan agar tidak tercemar pada lingkungan , kalau kita lihat sangatlah making degan semboyannya yang cinta hijau. Untuk melestarikan lingkungan supaya tetap terjaga

3. WARNA MERAH

Banyak yang mengatakan kalau orang yang mengenakan helm ini adalah orang yang killer , Para pengawas Safety biasa dipanggil atau (HSSE) ini mempunyai tanggung jawab yang besar pula yakni berhubungan langsung dengan keselamatan para pekerja karena kalau kita lihat dilapangan secara langsung banyak sekali pekerja yang tidak menghiraukan akan keslamatannya diri sendiri , banyak dari mereka yang menyepelekan , maka dari itu para pemakai helm merah ini harus bertindak tegas dalam menjalankan tugasnya karena hubunganya adalah nyawa para pekerja.

4. WARNA ORANYE
rangkumantekniksipil.blogspot.com

Ini adalah helm special yang dikenakan para tamu yang mau mengunjungi lokasi proyek ,helm ini berwarna oranye , para tamu tamu perusahaan biasanya dari banyak hal seperti Kunjungan industry siswa dll.

5. WARNA PINK
rangkumantekniksipil.blogspot.com

Membahas mengenai kunjungan siswa yang diatas , helm Pink ini dikenakan para anak anak magang atau PKL yang ada diperusahaan merah muda ini didominasi para anak SMK atau mahasiswa yang ada didalam perusahaan tersebut , hehe baru tahu ya kalau ada helm yang berwarna pink . namun saat kita dilapangan sangatlah jarang sekali yang menerapkan prosedur helm warna ini .mugkin ya efisiensi ya hehehe 6. WARNA BIRU Warna biru ini sering kita jumpai dengan jumlah yang sedikit , ya merekalah para konsultan teknik yang ada para proses pembangunan proyek tersebut , orang yang mengenakan helm keslamatan dengan warna biru ini biasanya ahli ahli dalam bidangnya dan banyak pula pengalamannya, dia banyak mengetahui tentang desain , perhitungan struktur dan lain sebagainya .

7. WARNA KUNING
rangkumantekniksipil.blogspot.com

Nah ini helm yang paling banyak jumlahnya dalam pembangunan proyek merka mendominasi warna helm yang dikenakan di proyek. Ya para pekerja ini menggunakan helm warna kuning yang diharapkan helm yang mempunyai warna mencolok ini akan memperkecil terjadinya kecelaakaan kerja , wana kuning akan terlihat mencolok sekali dalam malam. Mungkin itu sedikit info dari rangkumantekniksipil semoga dapat membuat kita menjadi lebih waspada dan menerapkan kembali K3 yang amat penting , jadi jangan sampai menyesal akhir nantinya sayangi pekerjaan anda, keluarga anda ,dan tentunya diri anda sendiri untuk tetap menerapkan keslamatan kerja .

Semoga dapat membantu rekan rekan yang sebelumnya belum mengetahui menjadi faham, bila ada tambahan seperti diatas mohon dapat membagikan ilmu pengethuannya di RTS(Rangkuman Teknik Sipil) Terima kasih Salam Sipil

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN