JENIS JENIS PEKERJAAN TEKNIK SIPIL

rangkumantekniksipil.blogspot.com 
Jenis Jenis Pekerjaan Teknik Sipil

Alhamdulilah akhirnya penulis dapat melanjutkan membagikan sedikit ilmu yang telah diperoleh dari dunia perkuliahan, Di universitas saya ada berbagai macam Prodi mungkin 25 progam study ,yang lebih condong ke pendidikan atau calon Guru nantinya , maka dari itu banyak sekali rekan saya yang mungkin ingin sedikit tahu tentang dunia teknik sipil makanya saya menuliskan artikel ini dan search di mbah google, hehe
rangkumantekniksipil.blogspot.com

artikel tentang Jenis - jenis pekerjaan Teknik Sipil itu saya buat karena banyak teman-teman saya yang sering menanyakan. apa sih pekerjaan untuk Teknik Sipil ? nah dari pertanyaan-pertanyaan tersebutlah yang membuat saya beranggapan bahwa banyak orang diluar sana yang belum tau betul Tentang Teknik Sipil dan jenis jenis Pekerjaan Teknik Sipil. Sehingga lewat kesempatan ini penulis sedikit menjelaskan tentang Jenis Pekerjaan Teknik Sipil yang saya ketahui.

Sebetulnya Pekerjaan Teknik Sipil itu banyak sekali macamnya ,makanya jurusan ini disebut teknik sipil tidak teknik bangunan karena orang yang jurusan teknik sipil itu mengatasi masalah masalah yang ada pada masyarakat sipil.mungkin pembatasan masalah disini saya hanya membahas tentang Jenis jenis Pekerjaan Teknik Sipil sesuai bidang di Teknik Sipil.

Jenis Pekerjaan Teknik Sipil itu sangat banyak intinya bahwa Pekerjaan Teknik Sipil yaitu sebuah perkerjaan Proyek yang berhubungan dengan Sarana dan prasarana untuk kebutuhan Publik atau masyarakat Umum.

 Untuk pekerjaan Teknik Sipil dapat dilihat dari bidang-bidang didalam Teknik Sipil yaitu :

 Pekerjaan Teknik Sipil di Bidang Transportasi Transportasi merupakan salah satu hal yang paling vital untuk kegiatan masyaratkat dalam hal segalanya baik distribusi maupun urusan yang lainnya , bahkan suatau Negara dapat dikatakan baik bila transpotasi baik jalan maupun kendaraan canggihnya, namun sebaliknya Negara itu akan terihat semprawut tidak karuan bila transportasinya kurang jelas dan bahakan seperti tidak dapat diatur. untuk bidang transportasi yaitu berhubungan dengan sarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat umum yaitu Jalan, Jembatan, Pelabuhan, Bandar Udara. Dll.

 Pekerjaan Teknik Sipil dibidang Keairan 

Tak hanya mengurusi di bidang yang kering saja , namun seorang sarjana Teknik sipil juga mengurusi dibidang yang basah basah ,benar keairan peran aktif seorang Insinyur sanagt diperlukan karena Indonesia merupakan Negara maritime dimana lautan lebih dominan daripada daratannya, jenis pekejaan teknik sipil di bidang keairan yaitu Pembuatan Bendungan, Irigasi, Selokan, dll. intinya pekerjaan keairan itu berhungan dengan setiap jenis pekerjaan untuk kepentingan masyarakat umum dan sangat membantu untuk memberikan solusi dalam setiap persoalan yang ada di kehidupan masyarakat.

Pekerjaan Teknik Sipil dibidang Struktur 

Struktur merupakan jantung dari bangunan karena tanpa struktur yang kuat bangunan sama saja seperti orang lumpuh, dalam perencanaan ini tidak boleh main main dikarenakan strukturlah yang menentukan bangunan itu dapat berdiri atau tidak, Pekerjaan yang berhubungan dengan struktur yaitu Pekerjaan Struktur Beton, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan, selain itu pekerjaan Baja, Pekerjaan Kayu,dan sebaginya. baik yang digunakan pada Bangunan-bangunan Sipil seperti Jalan, Jembatan dll. juga bisa digunakan pada bangunan milik pribadi seperti Rumah dan sebagainya.

Pekerjaan Teknik Sipil di Bidang Manajemen Proyek

Ini sangat sepele namun sangat mempengaruhi kinerja pekerjaan yang kita garap,jadi managemen memegang perenan penting dalam membuat segala urusan agar bangunan itu dapat bediri ditempatnya,mulai dari IMB,AMDAL dan lain sebagainya harus dimanage dengan betul , salah perhitungan akan membuat kesalahan besar sekali.Untuk Pekerjaan di Bidang Manajemen Proyek ini lebih bersifat umum, artinya setiap Pekerjaan Teknik Sipil itu pasti harus dibarengi dengan pekerjaan Manajemen Proyek. Contohnya. setiap pembuatan Jalan maka harus dibutuhkan perencanaan atau Manajemen Proyek jalan yang matang sehingga baik dari Segi Biaya, Waktu dan Mutu dari Pekerjaan Jalan tersebut bisa memenuhi standar yang diinginkan.

Itulah sedikit yang saya bisa sampaikan sodara yang saya tau tentang Jenis -Jenis Pekerjaan Teknik sipil. jika teman-teman mengetahui selain dari itu. mohon di bagikan infonya disini. atau jika apa yang saya sampaikan diatas menurut teman-teman Civil engginering itu salah, maka saya mohon koreksinya.dengan dapat mencoret coret di komentar dibawah ini, sekian

Terima Kasih

 Salam Sipil

Komentar

  1. terimakasih atas informasinya yang sangat membantu. untuk sistem kuliah tekni sipil dapat dilihat lewat web http://ftsp.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN