SEJARAH PERKEMBANGAN BANGUNAN DI DUNIA

     Perkembangan bangunan pada saat ini tentunya tidak bisa lekat oleh acuan pembangunan dari pembangunan sebelumnya. Sehingga dalam sebuah perencanaan tentunya harus terus meningkat tiap tahunnya. Hal ini pastinya sebagai proses perbandingan pembangunan tiap tahunnya.
     Maka dari itu penting sekali bagi kita belajar dari bangunan yang sudah ada sebelumnya, yaitu bangunan bersejarah yang ada di dunia.

  • Colosseum, Roma, Italia
    rangkumansipil.blogspot.com
    Bangunan Colloseun merupakan bangunan yang menyimpan banyak budaya dan tradisi yang ada di Roma. Diminta bangunan ini dibangun pada tahun 70-72 Setelah Masehi oleh penguasa saat itu Kaisar Vespasian yang berasal dari dinasti Flavian, Bangunan Colleseum awalnya berfungsi sebagai amphiteater yaitu tempat mengadakan berbagai pertunjukan bagi orang di Roma era kuno seperti permainan, pertarungan antar hewan, dan pertarungan brutal antar gladiator. 
  • Taj Mahal, India
    rangkumansipil.blogspot.com
    Lamanya pembangunan tempat ini berlangsung selama kurang lebih 23 tahun, yakni sejak tahun 1630-1653. Sepeninggalnya Mumtaz yang menjabat menjadi kaisar pun berjanji akan membangun makam termegah diatas kuburannya. Hingga sejak tahun 1983 silam, Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Dan masih berdiri kokoh sampai saat ini.
  • Sydney Opera House, Australia
    rangkumansipil.blogspot.com
    Sydney Opera House yang terletak di pelabuhan Sydney merupakan pusat pertunjukan yang dibuka pada tahun 1973. Mendapat gelar World Heritage Site dari UNESCO tahun 2007, setiap tahunnya Sydney Opera House menjadi tempat 1500 pertunjukan. 
  • Menara Miring Pisa, Italia
    rangkumansipil.blogspot.com
    Merupakan menara yang terkenal karena bentuknya yang tidak vertikal. Walau direncanakan untuk dibangun secara vertikal, hal ini dikarenakan keadaan tanah saat itu membuat fondasi menara ini goyah. Pembangunan konstruksinya dimulai pada Agustis 1173 dan terus berlangsung selama dua abad. Merupakan salah satu dari empat menara yang melengkapi kompleks katedral di Pisa di Italia. 
  • The Gardens By The Bay, Singapura 
    rangkumansipil.blogspot.com
    Taman ini adalah satu dari 10 taman terbaik yang ada di dunia. Tujuan di bangunnya taman ini adalah menjadi lokasi rekreasi outdoor, selain itu juga menjadi simbol negara Singapura. Dimana pembangunannya selesai dibangun tahun 2012, taman ini memiliki dua konservatori, Flower Dome dan Cloud Forest, namun fitur paling dikenalnya adalah Supertrees, struktur tinggi berbentuk mirip pohon yang tingginya 20-25 meter dan berfungsi sebagai taman vertikal. 


Dari banyaknya bangunan bersejarah di dunia itulah tadi beberapa bangunan kuno yang sangat bersejarah di dunia. Ternyata meskipun sudah lama didirikan, namun bangunan ini masih tetap berdiri dengan megah dan digunakan sebagaimana mestinya. Memang sudah sepatutnya tempat ini kita jaga sebaik-baiknya sebagai warisan dunia dan budaya.

Komentar

  1. makin kesini makin ane bangunannya ane suka bangunan jaman dulu contohnya ka'bah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan. ka'bah emang peradaban bagi semua umat islam di dunia dan yang akan selalu dijaga keberadaannya oleh Alloh.swt dan umat muslim....

      Hapus
  2. keren bang bangunannya

    BalasHapus
  3. Terima kasih sodara2 , atas masuknya ,,,, mohon bantuannya juga untuk share ilmunya hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN