PENTINGNYA POLITIK PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN INTERNASIONAL

    
rangkumansipil.blogspot.com
     Dalam pelaksanaan pembangunan yang bertujuan untuk pengembangan suatu negara. Maka dari itu perlu adanya hubungan internasional yang baik, bertujuan untuk memudahkan adanya penanaman saham dari luar negeri ke dalam negeri sehingga memudahkan dan membantu pemerintah dalam pengembangan pembangunan negara.
    Pengertian politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara kosntitusional maupun nonkonstutisional. Pembangunan nasional merupakan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi perkembangan global.
rangkumansipil.blogspot.com
      Tujuan pembangunan nasional itu sendiri adalah sebagai usaha untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia. Dalam pelaksanaannya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. Rencana pembangunan diperlukan agar pembangunan itu tetap konsisten, sebagai upaya penerobosan menuju pembaruan struktur ekonomi, politik dan sosial, serta agar arah pembangunan untuk kepentingan keadilan sosial menjadi upaya tepenting.
Dalam perencanaa pembangunan nasional tentunya harus sesuai dengan pertimbangan dan ketentuan serta syarat yang sudah ada :
  1. Bersifat Semesta 
  2. Adanya prinsip keseimbangan 
  3. Berlaku berkelanjutan 
  4. Pelaksanakan dengan pendekatan kesisteman 
  5. Dilaksanaan atas kepercayaan pada kemampuan  
  6. Harus adanya kejelasan strategi 
  7. Adanya penetapan skala prioritas
  8. Pembangunan mengandung pelestarian lingkungan dan pemerataan
   Pada saat sekarang ini tentunya tidak ada negara yang dapat berdiri sendiri. Jadi setiap negara pastinya membutuhkan hubungan timbal balik dari negara lain, termasuk negara Indonesia. Dengan itu dibutuhkan hubungan internasional, salah satu faktor penyebab terjadinya hubungan internasional adalah kekayaan alam dan perkembangan industri yang tidak merata. Hal tersebut mendorong kerjasamaantar negara dan antar individu yang tunduk pada hukum yang dianut negaranya masing-masing. Hubungan internasional merupakan hubungan antar negara atau antarindividu dari negara yang berbeda-beda, baik berupa hubungan politis, budaya, ekonomi, ataupun hankam. Hubungan internasional menurut buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (RENSTRA) adalah hubungan antar bangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan diperlukan kerjasama, karena melalui kerjasama antar negara akan diperoleh : pencapaian tujuan negara lebih mudah dilakukan; perdamaian dunia lebih mudah diwujudkan; upaya pemeliharaan perdamaian dunia, diantaranya membuat perjanjian damai penyelesaian konflik secara damai juga dapat terwujud. Manfaat hubungan internasional antara lain adalah : 
  • Untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan Negara 
  • Menunjang pelaksanaan kebijakan politik dan hubungan luar negeri yang di abdikan untuk kepentingan nasional, terutama untuk kepentingan pembangunan di segala bidang 
  • Untuk menunjang upaya meningkatkan pembangunan ekonomi nasional 
  • Pembinaan dan pengembangan nilai-nilai sosial budaya bangsa dalam upaya penanggulangan terhadap setiap bentuk ancaman, tantangan, hambatan, gangguan dan kejahatan internasional, dalam rangka pelaksanaan pembangunan nasional 
  • Manfaat perdamaian dan keamanan internasional, yakni untuk menunjang upaya pemeliharaan dan pemulihan perdamaian, keamanan dan stabilitas internasional 
   Dalam sebuah hubungan internasional juga memiliki implikasi hak dan kewajiban Negara yang melakukan hubungan karena hukum internasional mempunyai beberapa segi penting seperti prinsip kesepakatan bersama, prinsip timbal balik, prinsip komunikasi bebas, prinsip layak dan umum, prinsip eksteritorial, serta prinsip lain yang penting untuk kelangsungan diplomatik internasional. Hal ini dilakukan agar tujuan setiap negara dapat tercapai. Semua negara perlu bersosialisasi untuk saling melengkapi dengan negara lain, sebuah negara tidak dapat berdiri sendiri. Dengan adanya ketergantungan antar negara juga dapat membawa negara yang melakukan hubungan tersebut diakui di mata internasional. Memang saling ketergantungan tersebut membawa manfaat yang besar bagi semua negara, maka dari itu semua tetap harus dilaksanakan dengan bijaksana dan bertanggung jawab.

Terima kasih

Salam Sipil

Komentar

  1. Bagus gan...
    Maaf sebelumnya gan
    tapi ada beberapa kata yang salah ketik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap ,, terima kasih masukannya gan segera diperbaiki

      Hapus
  2. Bermanfaat artikelnya saya baru tau ternyata politik itu penting

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. ok, gan maksih,, mohon untuk bisa saling sahre ilmunya

      Hapus
  4. memang seharusnya begitu. tapi yg dilakukan ttp sedikit berbeda . hmm

    BalasHapus
  5. perlu teliti falam mengetik gan..iya diplomasi ekonomi menjadi sangat penting dalam menunjang pembangunan Indonesia melalui investasi asing. Dan saat ini hal itu sedang diupayakan pemerintah

    BalasHapus
  6. Politik memang diperlukan untuk kemajuan negara

    BalasHapus
  7. Memang sangat penting pengaruh politik, untuk negara

    BalasHapus
  8. Poitik anti korupsi sangat berpengaruh terhadap kemajuan sebuah bangsa dan negara.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN