PENTINGNYA MENGETAHUI KEKENTALAN ( VISCOSITY ) DARI CAIRAN

   

  • PENGERTIAN 
Viskositas adalah ukuran kekentalan fluida yang menyatakan besar kecilnya gesekan yang terjadi di dalam fluida. Viskositas zat cair dapat ditentukan secara kuantitatif dengan besaran yang disebut koefisien viskositas (η). Satuan SI untuk koefisien viskositas adalah Ns/m2 atau pascal sekon (Pa s). Viskositas atau kekentalan dari suatu cairan merupakan salah satu sifat cairan yang menentukan besarnya perlawanan terhadap gaya geser. Viskositas terjadi terutama karena adanya interaksi antara molekul-molekul cairan.
  • CONTOH PEMBAHASAN
rangkumansipil.blogspot.com
Gambar diatas merupakan perubahan bentuk akibat dari penerapan gaya-gaya geser tetap.
Apa bila tegangan geser maka :
Agar berlaku secara umum dapat dinyatakan dalam yang disebut dengan gradien kecepatan. Maka dalam bentuk differensial  dapat dinyatakan 
maka satuan dari viskositas dinamik adalah : 
Perbandingan antara kekentalan dinamik dan kerapatan disebut kekentalan kinematik, yaitu :
Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa, semakin besar luas suatu penampang yang bersentuhan dengan fluida, maka makin besar gaya F yang diperlukan sehingga gaya sebanding dengan luas daerah yang sentuh (F ≈ A). Untuk luas sentuh A tertentu, maka kelajuan v lebih besar memerlukan gaya F yang lebih besar pula, sehingga gaya sebanding dengan kelajuan (F ≈ v).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN