PEMBANGUNAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN


        Dengan adanya perkembangan dunia dan semakin bertambahnya jumlah penduduk di dunia membuat kebutuhan akan infrastruktur pembangunan sangat diperlukan untuk mengikuti kemajuan perkembangan dunia. Pembangunan merupakan kegiyatan untuk merencanakan, membarui, dan mengembangkan infrastruktur baik bangunan gedung maupun jalan dan yang lainnya.

       Pembangunan berkelanjutan merupakn pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa harus mengorbankan generasi yang mendatang. Dengan menyesuwaikan segala aktivitas manusia sesuai dengan kemampuan sumber alam yang menopangnya dalam suatu kesatuan yang utuh. 

       Pembangunan berkelanjutan yang bermutu bertujuan untuk tercapainya standar kesejahteraan hidup manusia di dunia sesuwai dengan kebutuhan. Taraf kesejahteraan ini diusahakan dicapai dengan menjaga kelestarian lingkungan alam serta tetap tersediannya sumber daya yang diperlukan. 

 Perlunya implementasi pembangunan berwawasan lingkungan seperti dengan terus diadakannya reboisas seiring dengan perkembangan pembangunan. Artinya, dengan adanya perkembangan pembangunan harus di imbangi dengan pelestarian lingkungan hidup, agar keseimbangan didunia terus terjaga. 

 Meskipun telah adanya peraturan perudang-udangan tidak belum mampu mencegah kerusakan lingkungan, hal ini masih harus didasari dengan kesadaran masing-masing individu. Sedangkan Maftuchah Yusuf (2000), mengemukakan empat hal pokok dalam upaya penyelamatan lingkungan. Sebagai berikut : 

 1. Adanya konservasi untuk kelangsungan hidup bio-fisik. 
 2. Dengan adanya perdamaian dan keadilan (pemerataan) untuk melaksanakan kehidupan sehari-hari       dalam hidup bersama. 
 3. Perencanaan pembangunan ekonomi yang tepat, yang memperhitungkan keharusan konservasi            bagi kelangsungan hidup biofisik dan harus adanya perdamaian dan pemerataan (keadilan) dalam        melaksanakan hidup bersama. 
 4. Adanya demokrasi yang memberikan kesempatan kepada semua orang untuk turut berpartisipasi        dalam melaksanakan kekuasaan, kebijaksanaan dan pengambilan keputusan dalam meningkatkan        mutu kehidupan bangsa. 

 Dengan adanya pengetahuan dan informasi tentang berbagai interaksi tersebut sangat diperlukan dalam pembangunan yang berwawasan lingkungan. Adapun ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan antara lain yaitu : 

 1. Adanya jenjamin pemerataan dan keadilan. 
 2. Sikap menghargai keanekaragaman hayati.
 3. Adanya tindakan menggunakan pendekatan integratif.
 4. Perencanaan menggunakan pandangan jangka panjang.

Semoga dengan adanya pembahasan di atas dapat menambah kesadaran kita akan pentingnya menjaga lingkungan hidup sekaligus untuk menjalankan segala aktifitas yang positif.

Salam Sipil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN