MAHASISWA TEKNIK SIPIL WAJIB TAHU TAHAP TAHAPAN MENDIRIKAN BANGUNAN

Tahap tahap mendirikan bangunan,

Alhamdulilah diakhir bulan puasa ini 1437H, penulis dapat meluangkan waktunya untuk membuat sedikit artikel yang semoga dapat bermanfaat bagi kita semua amiin.

Dalam mendirikan bangunan pastinya tidak langsung jadi dalam sekejap,namun ada tahapan panjang
yang harus dilalui sebelum bangunan itu resmi berdiri. Layaknya beras, pastinya dari padi dulu diolah hingga melewati berbagai tahapan , dalam bangunan memang tahapannya memerlukan waktu yang cukup lama dan panjang.

Supaya tidak terlalu ribet berikut tahapan tahapan Dalam mendirikan bangunan:

1. Tahap Studi Pendahuluan 


  Tahap ini adalah suatu kegiatan penijauan loksi dimana bangunan akan didirikan . pada tahap ini bermaksud untuk mengumpulkan data data tentang keadaan lokasi bangunan seperti, keadaan tanah, lingkunagn ,transportasi, sumber air,listrik, izin kependudukan serta data lain yang sekiranya diperlukan untuk proses mendirikan bangunandengan tujuan yang direncanakan. Kemudian semua data tersebuat dianalisa bila mendukung untuk didirikan bangunan, terutama saat operasional, maka hasil data data dijadikan kajian untuk mendirikan bangunan, namun bila hasil data yang diproleh tdak memungkinkan maka kegiatan dapat dihentikan dan dialihkan kelokasi yang sekiranya memungkinkan.

2. Tahap Studi kelayakan 


 Pada tahap ini dilakukan penelaahan terhadap semua data dari tahap pertama yakni tahap studi pendahuluan , tetang keuntungan sosial dan keuntungan ekonomis yang bisa dicapai . untuk mendapatkan yang jelas keuntungan sosial dan ekonomis tersebut. Maka pada tahap ini akan disinggung masalah masalah yang menyangkut aspek struktur maupun arsitekturbangunan tersebut .hasil tahapan ini akan menjadi dasar dalam penetapan penolakan realisasi suatu proyek . dalam hal hal tertentu tahap studi pendahuluan serta studi kelayakan ini bisa digabungkan menjadi satu tahap kegiatan yang bisa disebut dengan tahap priliminari atau tahap persiapan.

3. Tahap Perencanaan atau Desain 

Tahap ini merupakan tahap tindak lanjut dari penetapan suatu proyek berdasarkan hasil studi kelayakan . dalam tahap ini dilakukan tahap perencaan atau desain, yang meliputi berbagai hal, mulai dari pembuatan gambar bestek, untuk rekan yang belum tahu apa itu gambar bestek bisa baca disini(gambar bestek), penetapan progam kerja , anggaran biaya serta sampai dengan penyediaan dokumen untuk pelelangan dan kontrak.

4. Tahap Pembangunan Fisik 

Tahap pembangunan fisik bertujuan untuk mewujudkan fisik bangunan dilapangan sesuai dengan hasil tahapan perencaan . untuk bisa sampai tahap ini biasanya harus melaui tahap tender lelang atau penujukan.

5. Tahap Pemeliharaan 

Ini merupakan tahap yang terakhir dari suatu tahapan dalam mendirikan bangunan, tahap ini memang kecil atau bisa dibilang mudah namun tidak bisa dipermudah, bila tahap ini tidak dilaksanakan maka akan sia sia bangunan yang sudah diddirikan. Tahap pemeliharaan ini sebenarnya bukan lagi tahapan kegiatan pembuatan suatu bangunan atau proyek akan tetapi merupakan kelanjutan dari tahap yang sebelumnya . pastinya tahap ini dimulai setelah bangunan terealisasi ata berdiri, dan befungsi sampai atas umur bangunan tersebut.

Mungkin itu yang bisa dishare oleh penulis untuk masalah, masalah yang ada saat medirikan bangunan pastinya ada dalam setiap tahapan mendirikan bangunan maka semua itu harus terselesaikan , agar bangunan itu dapat berdiri kokoh hingga umur yang telah ditentukan, semoga artikel dapat bermanfaat bagi semua, karena sebaik baik maunsia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain

Terima Kasih
Salam Sipil

Kritik dan saran selalu kami terima untuk kelengkapan artikel agar bisa dishare oleh sodara kita Teknik Sipil atau yang berkecimpung dibidang bangunan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN