CARA MUDAH MENGUBAH FILE DWG MENJADI PDF


           Seiring kebutuhan pekerjaan pastinya converted file akan selalu digunakan , atau para mahaiswa yang mungkin akan mengeprint gambar Autocadnya pastinya komuter tokonya nggak mungkin atau jarang yang mempunyai aplikasi autocad.

 Maka dari itu mengubah file autocad (dwg) ke PDF sangat diperlukan , mungkin ini hanya sedikit ilmu yang pastinya rekan rekan sudah banyak yang tahu , tapi tidak apa karena sedikit ilmu harus kita sampaikan .

 Langsung saja berikut caranya

 1. Pastinya buka dulu Autocad sodara, kini saya pakai autocad jadul yakni autocad 2009
rangkumansipil.blogspot.com

 2. Setelah terbuka , maka siapkan file autocad yang ingin kita convert menjadi pdf, semisal saya ingin merubah gambar dibawaah ini menjadi lembaran yang ada di pdf
rangkumansipil.blogspot.com

 3. Nah sebelum proses pengubahan alangkah baiknya kiata atur dulu page setupnya agar , lebih enak nantinya, berikut caranya klik menu file>>Page Setup Manager , maka secara otomatis akan muncul menu seperti pada gambar dibawah ini, Catatan (sebelum kita menggunakan atau mau mengeprint gambar kita harus set dulu modenya di page setup manager.
rangkumansipil.blogspot.com

 4. Setelah itu kita klik new , atau modify bila kita sebelumnya sudah punya modenya. Karena saya belum punya atau baru mmaka kita klik New dan hasilnya seperti gambar yakni kita disuruh memberikan nama terlebih dahulu pada page setup, semisal kita beri nama rangkumansipil, atau terserah sodara yang penting syarat untuk mempermudah bila page setupnya terlalu banyak.
rangkumansipil.blogspot.com

 5. Setelah selesai kita klik Ok, maka akan muncul seperti dibawah ini, maka proses seting bisa dimulai , yang pertama kita bisa klik None pada printer atau pointer, dengan format DWG to PDF, (biasanya kita kan pilih printernya ) Kemudian kita pilih ukuran kertasnya , dan drawing orientationnya saya pilih landscape, kemudian saya pilih juga monochrome agar gambar nantinya hitam semua ya, atau tidak ada yang berwarna.
rangkumansipil.blogspot.com

 6. Stelah semua sudah terseting maka kita tinggal pilih windows karena saya mau ngeprintnya lewat model bukan layout ,maka hasilnya seperti pada gambar dibawah ini tinggal klik windows pada objek yang akan kita print maka sedah terseleksi secara otomatis, ingat bila tidak sempurna hasilnya kita bisa centang bagian center the plot Agar hasilnya berada pada tengah tengah bagian
rangkumansipil.blogspot.com

 7. Setah itu kita tinggal klik priview saja dan hasilnya sudah bisa kita lihat, oh ya saya disini saya mengatur untuk batas kanan dan kirinya makanya agak kelihatan jauh.
rangkumansipil.blogspot.com

 8. Sesampai disini belum selesai sodara , itu baru page setup manager, setelah sekiranya setingannya sudah , maka kita klik tombol OK, dan kita set current maka secara otomatis sudah mengeset sendiri. Kemudian cara biasa, seperti kita mau print yaitu CTRL+P
rangkumansipil.blogspot.com

Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini

rangkumansipil.blogspot.com

 Maka tinggal klik OK saja , dan secara otomatis akan mucul gambar seperti pada dibawah ini, tentukan dimana file akan disimpan dan secara otomatis Fil yang mulanya formatnya DWG, akan menjadi menjadi PDF.


 Sudah deh , oh ya sedikit catatan untukk rekan rekan bawasanya gambar ini hanya bisa untuk 1 lembar kertas saja , bila ingin semua gambar dibuat file PDF maka harus satu persatu , dan nanti digabung menggunakan PDF Mate Free PDF Merger, Cari saja di Google aplikasi ini banya sodara Sekian mungkin itu yang bisa penulis sampakian semoga bermanfaat.bila ada kekurangan atau ketidakjelasan boleh coret coret di kolom komentar.

 Terima kasih Salam Sipil

Komentar

  1. Jaka Victoria
    jakavictoria@student.ppns.ac.id
    Jangan lupa kunjungi ppns.ac.id dan jakjak27.wordpress.com
    Postingannya sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN