CARA ASYIK MENGISI WAKTU KOSONG KULIAH TEKNIK SIPIL

Cara asyik mengisi waktu kosong kuliah teknik sipil

      Memang tak akan selalu kuliah itu terisi semuanya dalam 1 semester sodara , ada kalanya dosen kita mungkin tidak bisamengajar karena ada halangan, itu sebenarnya suatu kewajaran yang merugikan kita sebagai mahasiswa , yaiyalah kita bayar mahal mahal ,buang waktu tuk datang kuliah malahan makulnya kosong kecewa kan jadinya. Hal ini sangat rentan sodara karena kita tahu dosen dosen teknik sipil kan punya keahlian, bila kita lihat lagi bahwasanya jurusan teknik sipil adalah jurusan yang globabl dalam arti bisa jasa juga bisa pendidikan , mungkin ini juga alasan buat para dosen mencari ilmu tambahan atau apa lah, intinya jangan berburuk sangka hehehe…

       Namun jangan kwawatir sodara disini akan dibahas menurut pengalaman pribadi saya sebagai mahasiswa Teknik Sipil, cara ini boleh sodara lakukan atau laksanakan boleh juga untuk tambahan ilmu saja /sekedar tahu . ini merupakan cara penulis dalam menunggu atau bahakan mengisi waktu luang saat mata kuliah lagi kosong,

 Baiklah agar tidak banyak membuang waktu langsu saja yaitu :

1. Browsing 

Ini merupakan hal yang paling saya suka makanya saya taruh No 1 hehehe, mumpung ada jaringan wifi gratis, itung itung memanfaatkan fasilitas yang ada hehehe… Jangan pikir nge-net itu hanya menghasilkan dampak negatif. Banyak juga kok positifnya. Seperti mencari artikel yang bermanfaat, berdakwah, silaturahmi dengan orang banyak, dan lain sebagainya. Yah, daripada bengong. Yang penting, jangan dilakukan secara berlebihan, sehingga kita lupa dengan dunia nyata lantaran terjebak pada asyiknya dunia maya. Selain itu kita juga dapat melihat koleksinya youtube tentang perkembangan teknologi bangunan yang sudah canggih sekarang , Browsing merupakan sarana belajar yang baik bila betul betul dimanfaatkan.

2. Membaca

 Membaca adalah jendela dunia itulah petatah , Ada banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dengan membaca. Untuk itu, bawalah bahan bacaan setiap berpergian buku kecil tentang bangunan material bangunan , struktur bangunan,gambar gambar desain bangunan apa saja lah yang penting buku bacaan yang sodara sukai ,mumpung jadi mahasiswa kan dilihat enak ,oh ya mahasiswa bawaannya buku jadi pantes litanya kalo sudah nggak mahasiswa litany jadi gimana gitu , ya sebenarnya nggak papa sih heheh . Karena suatu ketika pasti ada waktu senggang yang tercipta, contohnya menuggu dosen atau mengisi waktu kosong. Saat itulah membaca menjadi solusi cerdas dalam memecah kebisuan.

3. Menulis 

Menulis mungkin level 2 atau level 3nya dari membaca hehe, perlu kita ketahui “Tidak ada orang yang berhenti berpikir selain orang gila dan orang mati”(bahkan orang gila pun masih berfikir hehehe). Maka dari itu, tuliskan saja apa yang kita pikirkan dan rasakan. Tuangkan semua itu menjadi untaian kata-kata dan bahasa pada secarik kertas. Karena boleh jadi, tulisan itu akan menjadi dokumentasi berharga untuk kita, maupun orang lain.

 Hal ini merupakan sudah saya buktikan atau lakukan sodara , tulisan yang sodara baca dari atas itu merupakan mengisi waktu yang kosong.
ada ulama yang mengatakan “ikatlah ilmu dengan menulisnya”, hal ini bisa kita ibaratkan “kita ingin manangkap rusa liar yang ada ditengan hutan belantara , kita sudah menangkapnya namun kita tidak mengikaitnya”, jadi kan percuma saja ya kan sodara capek capek mengejar rusa namun tidak kita ikat ya kabur lagi deh rusanya, Itu sama persis kejadiannya dengan sodara kuliah 4 tahun memakan waktu , biaya yang tidak sedikit , tenaga fikiran, tiba tiba lulus namun tak tahu apa apa, ya nauzhubilahmidhalik Semoga saja tidak seperti itu.

Ya pada intinya banyak sekali deh manfaat yang sodara peroleh dari menulis, gak bakalan rugi deh lagi pula menulis itu asyik sodara.

4. Mengasah kemampuan 

Setiap orang punya kemampuan luar biasa yang sebetulnya dapat dikembangkan. Hanya saja terkadang ada benturan yang sering diungkapkan banyak orang, yakni tidak adanya waktu untuk melatihnya. Maka, ketika ada waktu senggang,seperti waktu menunggu dosen atau jam kosong , kenapa tidak kita coba untuk mengasahnya? Dengan begitu, tak ada lagi waktu senggang lantaran semua telah terisi dengan berbagai latihan, seperti, menjalankan program komuter, Autocad SAP2000,Membuat penemuan penemuan , melakukan penelitian/memecahkan suatu masalah yang berkaitan dengan bangunan dan lain sebagainya.

5. Mengobrol 

Salah satu penyebab seseorang bengong adalah karena dirinya terputus dari interaksi. Meski ada orang yang terdiam di antara keramaian,(Seperti dikelas) tapi kebanyakan orang yang bengong adalah yang sedang sendirian. Nuansa sepi memang menjadi faktor utama yang menyebabkan seseorang terbengong. Maka dari itu, pastikan diri kita tidak sendiri, hadirkan arus komunikasi yang lancar dengan orang lain. Jangan biarkan kebisuan menyeruak di antara relung-relung waktu di sekitar kita. Lagipula, semakin sering kita berkomunikasi, semakin banyak pula ‘hal baru’ yang akan kita dapatkan. Mengobrol itu baik, selama tidak menggunjing keburukkan orang lain hehehe, Jadi mengobrol dengan teman saat menunggu dosen atau jam kosong nggak papa laha , yang penting satu sodara jangan mengobrol saat pelajaran dosen dimulai. Pasti deh disuruh keluar atau nggak dimarahin hehehe.

Mungkin itu kebiasaan penulis saat menunggu waktu yang kosong pada makul tertentu , jadi pada intinya kita sebagai mahasiswa yang masih enak melakukan apa aja, karena sehat walafiat yang masih berfungsi dengan baik segala organ yang ada dalam tubuh kita , janganlah sampai menyesal dikemudian hari , karena penyesalan datangnya dibelakangan hehehe.

 Jadi sodara bila ingin mepratikkanya monggo silahkan saja taka da masalah , kalo bisa bermanfaat dengan orang lain kenapa nggak hehe, penulis juga mengarapkan share ilmunya para senior senior yang ahli pastinya untuk juga dapat mengisi tambahan lagi artikelnya , insyaallah bila ada yang tidak keberatan mau membagi ilmunya kami pasti tmbahkan dalam artikel ini.

 Para seinor bisa menambahkan lewat kotak komentar dibawah , kemudian sesegera mungkin kami tambahkan untuk no 6 dan seterusnya.

Akhir kata Penulis hanya bisa menyampaikan sedikit ilmu yang semoga saja dapat bermanfaat bagi semuanya Amiiin.

Terima kasih

 Salam Sipil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN