BAGAIMANA PERKEMBANGAN ILMU TEKNIK SIPIL

rangkumansipil.blogspot.com

Teknik Sipil adalah suatu disiplin ilmu rekayasa yang berkaitan dengan pengawasan, perencanaan, konstruksi, dan perawatan struktur, serta merenovasi. Pekerjaannyapun tidak hanya suatu bangunan namun hampir semua infrastruktur, dan juga mencakup lingkungan hidup manusia.

 Teknik Sipil ( Civil Engineering ) merupakan Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, renovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemajuan hidup manusia. Teknik sipil termasuk profesi yang berkembang di Mesir kuno dan Mesopotamia antara 4000 sd 2000 SM. Awalnya, profesi Engineer ini dimiliki oleh militer untuk membangun pertahanan, benteng, pos militer, jalan, jembatan dan bangunan pendukung perang lainnya. Namun akhirnya profesi ini terpisah dari militer. Istilah Civil Engineer sendiri dikenalkan oleh John Smeaton seorang kebangsaan inggris yang telah banyak berkarya membangun bebagai macam struktur .

 Fakultas Teknik Sipil pertama kali di dirikan oleh Universitas Lampung pada tahun 1968 oleh Gubernur Zainal Abidin Pagar Alam. Namun karena kekurangan tenaga pengajar tidak dapat bertahan lebih dari 3 Tahun dan para mahasiswa ditampung di fakultas dalam lingkungan Universitas Lampung dan Universitas lainnya.

 Kemudian atas pemikiran para pejabat sarjana tekni akhirnya dibentuk panitia pendiri Fakultas Teknik Universitas Lampung , pada tanggal 13 Januari 1978 yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Sitanala Arsyad, Rektor Universitas Lampung waktu itu dan wakil ketua Ir. Sigit Raharjo (Kepala dinas Pekerjaan Umum TK. I Propinsi Lampung). Realisasi Pembentukan Fakultas Teknik ini berupa surat keputusan Rektor Unila Nomer 03/KPTS/R/1979 tanggal 8 Januari 1979, hingga pada bulan September 1982 Fakultas Teknik Universitas Lampung mendapat pengakuan Presiden Republik Indonesia dengan nama Fakultas Non Gelar Teknologi. Maka dari itu Rektor terbitkan surat No. 93/KPTS/R/1982. Dan resmi pada tahun 1982, berdasarkan SK. DIRJEN DIKTI No.03/DJ/Kep/1979, tertanggal 27 Januari 1979.

 CABANG ILMU TEKNIK SIPIL

1. Struktural
2. Manajemen Konstruksi
3. Hidrologi
4. Transportasi
5. Informatika Teknik Sipil
6. Geoteknik

 Teknik sipil merupakan bidang keahlian yang telah berkontribusi banyak terhadap perkembangan dunia. Pada dasarnya bidang teknik sipil membentuk kehidupan moderen yang kita nikmati pada sekarang ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN