APAKAH DAMPAK ADANYA PEMBANGUNAN PADA LINGKUNGAN

rangkumansipil.blogspot.com
          Dalam sebuah proyek pembangunan sangat penting dan sangat diperlukan adanya pengamatan lingkungan lokasi pembangunan. Hal ini atas dasar perkiraan kegiatan yang akan terjadi selama masa pelaksanaan proyek pembangunan dan berdasarkan atas kondisi lingkungan lokasi pembangunan yang ada, maka dapat diperkirakan dampak yang akan timbul.

 • Dampak Positif Terutama dalam program pemerintah memeratahan pembangunan, tingkat pendapatan masyarakat daerah, kesempatan kerja, kesejahteraan masyarakat, timbulnya gerakan penduduk kemudian timbul sektor kegiatan ekonomi lainnya.

 • Dampak Negatif disebabkan oleh akibat dari proses pelaksanaan proyek pembangunan tidak sesuwai dengan ketentuan dalam pembangunan. Misalnya adalah pengelolaan bahan sisa pembangunan yang kurang baik. Dampak negatif tersebut dapat terjadi pada masa kegiatan operasional.

 • Identifikasi Dampak merupakan hal yang akan dilakukan menggunakan metode yang tepat sesuwai permasalahan yang mungkin akan timbul dalam pelaksanaan proyek pembangunan, agar lingkungan yang terkena dampak, termasuk dampak yang bersifat sekunder dan tertier dapat di tangani.

 • Prakiraan Dampak yang dilakukan dengan cara profesional dengan metoda statistik dan analisa serta referensi yang berkaitan dengan hal serupa dengan kegiatan pelaksanaan pembangunan proyek. Maupun dapat juga dengan cara membandingkan hasil analisis data dengan Baku Mutu Lingkungan .

 • Evaluasi Dampak merupakan dasar perkiraan dampak di atas akan disusun metode evaluasi dampak lingkungan yang tepat sesuwai akibat masing-masing kegiatan, evaluasi dampak kegiatan terhadap lingkungan penentu dampak penting didasarkan pada Keputusan Kepala Bapedal No.056 tahun 1994, faktor penentu dan tingkat kepentingan. Adapun faktor penentuan meliputi:

1. Jumlah manusia yang terkena dampak
2. Luas wilayah penyebaran dampak
3. Intensitas dampak
4. Lamanya dampak berlangsung
5. Banyaknya komponen lainnya yang terkena dampak
6. Sifat kumulatif dampak
7. Penanggulangan

Dampak Pencemaran yang mungkin akan terjadi :
- Pencemaran Tanah
- Pencemaran Udara
- Pencemaran Air
- Pencemaran Sosial Budava Masyarakat

 Tujuan dari pembahasan kali ini adalah agar dalam suatu perencanaan pembangunan harus diadakannya pengamatan dan penelitian serta pertimbangan agar dapat diketahui dampak dari pelaksanaan proses pembangunan proyek, serta memecahkan dan menentukan metode atau pemecahan masalah yang akan timbul selama pelaksanaan proyek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN