PEMILIHAN MATRIAL BANGUNAN YANG LEBIH EFISIEN




       Matrial bangunan merupakan unsur pembentuk suatu bangunan yang sengaja dipilih dan digunakan sebagai komponen pembentuk suatu perencanaan pembangunan. Penentuan dan penggunaan bahan matrial bangunan sebagai komponen penyusun perencanaan pembangunan tentunya bahan harus sudah melalui segala pengamatan dan uji coba untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari matrial tersebut.

      Pada perkembangan pembangunan saat ini pemilihan matrial bangunan yang efisien dan aman lebih banyak digunakan, hal ini dikarenakan agar waktu pelaksanaan lebih cepat tanpa harus mengurangi kualitas dan biaya yang relatif hampir sama. Contoh bahan matrial bangunan yang lebih efisien dan sering digunakan pada saat ini adalah, sebagai berikut :

1. KUSEN ALUMUNIUM
     
            Kusen alumunium merupakan matrial bangunan pengganti kusen kayu yang saay ini sudah semakin mahal dan sulit didapatkan dengan kualitas kayu yang baik. Penggunaan kusen alumunium dapat mempercepat dan memudahkan dalam proses pengerjaan. Penggunaan kusen alumunium biasanya banyak digunakan pada bangunan atau gedung bertingkat.

           Kusen alumunium merupakan bahan matrial yang dibentuk dari bahan utama alumunium yang dicetak membentuk profil penampang yang memiliki ukuran yang sudah ditentukan sesuwai setandar karena merupakan bahan pabrikan, setelah terbentuk profil penampang yang tiap batangnya memiliki panjang 6 meter baru kemudian dipotong dan disusun serta disatukan sengan menggunakan sekrup dengan bentuk dan ukuran sesuwai dengan pesanan. Berikut contoh bentuk kusen alumunium seperti pada gambar di bawah ini : 
rangkumansipil.blogspt.com
  • Kelebihan kusen alumunium :                                                                                                    anti rayap, sudah memiliki warna dasar, mudah dalam pemasangan, ringan, cepat dalam pemasangan, terlihat lebih rapi dll.
  • Kekurangan kusen alumunium :                                                                                                   kurang aman karena mudah di congkel, jika sambungan tidak rapat akan menyebabkan air hujan masuk kedalam ruangan dll
        Selain kusen alumunium di atas masih banyak lagi bahan matrial bangunan yang memiliki efisiensi dalam penggunaannya, misal : baja ringan sebagai rangka atap, hebel sebagai dinding penyekat ruangan, atap multiroof dan masih banyak lagi yang lain.

       Pengembangan bahan matrial bangunan saat ini masih terus dilakukan, hal ini bertujuan untuk mengembangkan dunia pembangunan agar lebih baik tiap tahunnya. Dengan adanya penemuan bahan matrial bangunan yang berkualitas dan cocok digunakan untuk bangunan.

       Dari setiap matrial pembentuk kusen memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu dalam menentukan matrial bangunan selain memperhatikan efisiensinya kita juga harus menyesuwaikan dengan keadaan dan kebutuhan dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN