PENTINGNYA PROSES PERTIMBANGAN SEGALA ASPEK DALAM PEMBANGUNAN

rangkumansipil.blogspot.com
   Pembangunan merupakan tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan sarana dan prasarana yang berguna untuk membantu dan memudahkan manusia dalam melakukan segala kegiyatannya. Dengan diadakannya pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia mulai dari cara berfikir, tindakan, dan hal yang berperan dalam perkembangan manusia dan perkembangan pada saat ini.
   Karna begitu pentingnya pembangunan maka dari itu segala hal yang menyangkut mulai dari proses perencanaa dan pelaksanaan pembangunan harus dipertimbangkan dari segala aspek yang memungkinkan terjadi sebelum ataupun sesudah terjadinya perencanaan dan pelaksanaan pembangunan mulai dan pertimbangan itu harus bersifat jangka panjang. Maka dari itu dalam pertimbangan segala aspek dalam pembangunan harus memperhatikan beberapa faktor berikut :

  • Faktor lingkungan :                                                                                                                             faktor lingkungan merupakan tindakan untuk mempertimbangan segala hal yang mungkin terjadi sebelum dan sesudah pembangunan terutama dampak bagi lingkungkungan sekitar proyek pembangunan. Setelah kita menemukan hal yang mungkin terjadi apa bila kita menemukan masalah dari perkiraan yang kita buat maka kita harus dapat menemukan penanganan untuk permasalahan yang mungkin akan timbul dari proses perencanaan dan proses pelaksanaan pembangunan sehingga dalam proses pelaksanaan pembangunan dilapangan nanti tidak akan terhambat prosesnya.
  • Faktor perencanaan :                                                                                                                          faktor ini merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil secara langsung dari perencanaan pembangunan karena merupakan tahapan untuk menggambarkan tampak atau bentuk dari bangunan sampai hal yang paling detail.
  • Faktor pelaksanaan :                                                                                                                          setelah adanya perencanaan tentunya langkah selanjutnya adalah melaksanakan pembangunan dengan dasar gambar perencanaan yang sudah dibuat. Maka dari itu seorang pelaksana harus memiliki keahlian di bidang pembangunan untuk dapat melaksanakan pembangunan dengan baik dan menghasilkan pekerjaan yang baik juga.
  • Faktor teknik :                                                                                                                                     dalam proses pembangunan tentunya ada beberapa hal yang kiranya bisa menghambat, maka dari itu disini tugas dari pelaksana dan perencana harus dapat mempertimbangkan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang ada.
  • Faktor ekonomis :                                                                                                                              dimana kita harus bisa memperhitungkan nilai ekonomis dengan melaksanakan pembangunan ini, mulai dari biaya dan timbal baliknya nanti apa bila bangunan tersebut sudah di bangun. Selain itu tujuan ekonomis lainnya adalah denga adanya proek ini dapat membuka lapangan pekerjaan untuk melaksanakan pembangunan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di negara ini.
   Dari faktor-faktor di atas diharapkan kita bisa menganalisa segala aspek mali dari perencanaan dan pekerjaan sehinga pada saat pembangunan berlangsung tidak akan ada masalah yang kirana bisa menghambat atau menghentikan proses pembangunan tersebut.
   Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas akan meningkatkan mutu dan hasil kerja kita selama melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Dalam setiap pembangunan tentunya memiliki tahapan yang sama namun untuk dalam setiap pembangunan tentunya akan menghasilkan pengalaman yang berbeda bagi setiap perencana dan pelaksana karna pelaksanaan dari pembangunan tersebut tentunya tidak selalu di tempat yang sama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN