PROSES PEMBELAJARAN YANG BAIK


Bismilah.

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

PROSES PEMBELAJARAN YANG BAIK


       Proses pembelajaran yang baik merupakan suatu tahapan penyampaian pembelajaran atau materi yang sudah di susun dalam perencanaan dan di sampaikan bertahap sesuwai dengan tingkat pemahaman dari yang mendasar sampai yang mendalam dalam tingkat pemahamannya.
       Dimana tujuan dari pembelajaran ini bertujuan agar materi pembelajaran dapat diserap dan dipahami oleh pihak yang melihat dan mendengarnya serta dapat di terapkan sesuwai dengan fungsi dan kegunaan dari ilmu atau materi yang di sampaiakan, agar penerima materi dapat mengerti dan tidak mengalami kesulitan jika ada hal atau permasalahan yang dihadapinya sama dengan apa yang sudah di dapatnya dalam pembelajaran tersebut. 
        Adapun tujuan lain yang lebih meluas dari pembelajaran adalah agar seseorang yang sudah melihat dan mendengar serta memahami materi pembelajaran yang di terimanya memiliki pemikiran untuk mengembangkan atau membuat penemuan dan perkembangan dari ilmu yang sebelumnya didapatkan.
       Untuk mempermudah bagi pemberi materi dan penerima materi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik serta mendapatkan hasil yang sempurna sesuwai dengan setandar pembelajaran pada umumnya. Berikut faktor yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran :
  1. Pastikan pengajar ( guru / dosen ) dapat mengidentifikasi atau menganalisa para pelajar / mahasiswanya. Hal ini bertujuan untuk menentukan bagaimana proses pembelajaran yang baik bagi siswa / mahasiswa yang sesuwai pada kelihatannya. Untuk memberikan batasan bagi siswa / mahasiswa dalam berperilaku kita bisa menetapkan peraturan yang kiranya perlu untuk menjaga kedisiplinan siswa / mahasiswa.
  2. Selain pengamatan dari pengajar ( guru / dosen ) harus ada hubungan timbal balik yang baik dari siswa / mahasiswa terhadap pengajar ( guru / dosen ) agar masing-masing tau perkembangan dan keadaannya. Hal ini juga termasuk dalam proses penilaian sikap keseharian.
  3. Penyampaian materi pembelajaran dengan metode yang mudah dipahami siswa / mahasiswa. Agar materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan dapat diterapkan dalam pembelajaran sehingga dapat berkembang.
  4. Selalu diadakannya penyuluhan dan konsultasi bagi siswa / siswa yang bermasalah dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran seperti bimbingan konseling dan pemberian jam tambahan pada materi yang kiranya belom bannyak dipahami.
  5. Penggunaan infrastruktur pembelajaran yang baik dan benar sesuwai dengan ketentuan. Adanya laboratorium yang lengkap dapat menunjang pembelajaran.
  6. Lingkungan belajar yang nyaman sehingga dapat menimbulkan rasa tenang bagi siswa / mahasiswa maupun pengajar sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
  7. Selain faktor-faktor di atas masih bannyak lagi hal yang perlu diperhatikan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang baik juga.
Didalam proses pembelajaran perlu yang namanya pengamatan klarifiasi hal ini bertujuan untuk mengetahui keadaan dan kondisi siswa / mahasiswa dengan melihat perubahan yang terjadi saat itu baru kemudian ditentukan bagaimana cara menangani hal yang terjadi dan menentukan tindakan yang tepat agar masalah tidak berlarut-larut.
     Inti dari pembahasan kali ini adalah bertujuan agar masing-masing komponen pendidikan di negara ini dapat memberikan kualitasnya tanpa harus mementingkan golongan maupun kepentingan individual. Dimana banyak tiap tahunnya kita mendengar bannya dari komponen pendidikan di negara ini mulai melenceng dari tugas dan kewajibannya masing-masing. 
    Pesan saya sebagai penulis tetap tumbuhkanlah tindakan kesadaran diri sekecil apapun tindakan itu dan agar menjadi kegiyatan itu menjadi kebiyasaan yang dibiyasakan. Sekian pembahasan kali ini semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua....amin
Salam Cendekia

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN