PEMILIHAN KONSEP DALAM PEMBANGUNAN

Bismilah....

Assalamualaikum.wr.wb

PEMILIHAN KONSEP DALAM PEMBANGUNAN

rangkumansipil.blogspot.com

    Dalam sebuah pembangunan perlu yang namanya kita menentukan konsep apa yang akan kita trapkan dalam bangunan yang akan kita bangun. Konsep disini maksutnya adalah memilih dan menentukan bentuk dan penempatan komponen dalam bangunan agar pengembangan sesuwai dan seimbang dengan konsep yang di tentukan atau yang sudah di rencanakan.
      Dalam penentuan konsep bangunan kita harus memperhatikan beberapa aspek di antaranya adalah.
  1. Penentuan setruktur bangunan yang sesuwai dan aman untuk kelangsungan pembangunan.
  2. Pemilihan bahan yang tepat dan memenuhi setandar dalam pembangunan.
  3. Kita harus merencanakannya konsep bangunan dengan saran dan pengarahan orang yang ahli di bidangnya yaitu arsitektur dan pelaksananya.
  4. Perencanaan bentuk dan penempatan komponen pembentuk bangunan yang sesuwai dan memperhatikan segala aspek pembangunan seperti faktor keamanan dan keselamatan bangunan dan penghuni bangunan.
  5. Menyesuaikan dengan jumlah dana.
  6. Memperhatikan bentuk tampak, denah bangunan, penempatan ruang, instalasi air bersih & air kotor, vegetasi, jalur transportasi dan hal yang lainnya.
  7. Memperhatikan instalasi udara dan cahaya pada ruangan dan masih banyak hal yang lainnya.
Pemilihan konsep dapat di tentukan dengan berbagai macam bentuk bangunan tergantung dari pemilik bangunan tersebut namun tentunya harus tetap memperhatikan segala aspek di atas dan hal tersebut dapat di konsultasikan pada kontraktor dan arsitektur yang memegang proyek pembangunan tersebut. 
     Dalam pemilihan konsep bangunan pastinya perlu kita pikirkan secara matang dan harus tetap di konsultasikan pada pihak yang ahli di bidangnya. Karna jika kita hanya menentukan sendiri konsep yang akan kita terapkan dalam pembangunan kita tanpa keahlian di bidangnya takutnya akan menyebabkan hal yang merugikan bagi kita sendiri hal ini dikarenakan konsep pembangunan rata-rata bersifat permanen atau fungsinya jangka panjang maka jika ada kesalahan pada saat kita mengkonsep bangunan tersebut maka kita akan menyesal di kemudian hari.
        Berkembangnya ilmu pembangunan di negara kita membuat tiap tahunnya kosep dari sebuah bangunan ikut berkembang. Hal ini akan menimbulkan persaingan bagi para arsitektur dan pelaksana sehingga mereka terpacu akan menghasilkan kreasi dan inovasi baru yang akan membuat banyak konsumen tertarik akan model rancangannya.  
               Inti dari pembahasan kali ini adalah agar memudahkan kita dalam penentuan konsep bangunan dan tau urut-urutan dalam penentuan konsep bangunan agar tidak terjadi kesalahan yang kiranya dapat merugikan diri kita sendiri dan orang lain.
  Sekian pembahasan kali ini semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaan bagi kita semua.

Wassala'mualaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN