STATIKA TEKNIK SIPIL


Bismilah.

 Assalamualaikum.wr.wb

STATIKA TEKNIK SIPIL

rangkumansipil.blogspot.com
  • PENGERTIAN STATIKA TEKNIK -> ilmu statika merupakan ilmu tentang semua benda yang tetap , yang statis. Ilmu ini merupakan bidang bagian ilmu mekanika teknik. Dalam ilmu dinamika diterangkan semua yang bergerak : sedangkan dalam ilmu statika semua yang tidak bergerak ( yang tidak akan bergerak ). Pergerakan V = 0 ini berarti dalam ilmu statika kita hannya akan bekerja dengan gaya-gaya yang tidak bergerak karna pergerakan = nol.                                                        
  • DASAR ILMU STATIKA TEKNIK ->                                                                                   -Pembanguan pada konstruksi batang dan rangka batang, dalam ilmu statika pada umumnya kita membagi benda dalam ruang ke dalam atau beberapa benda dalam bidang. Sebagai benda dalam bidang, dalam ilmu statika membedakan konstruksi batang dan konstruksi rangka batang. F = Luas batang, h = Perbandingan tinggi, I = Panjang.        
    -Beban pada konstruksi batang dan rangka batang, beban dibagi menjadi dua yakni beban hidup dan beban mati. Beban hidup adalah beban yang dapat bergerak atau dapat berpindah tempat, misal : orang, almari, meja, kursi. Sedangkan beban mati iyalah beban dari bangunan itu sendiri, misal : kolom, dinding, atap dan yang membentuk sebuah bangunan awal. Semua nilai beban yang bergerak ditentukan dalam peraturan muatan Indonesia N.I. - 18/1970.           
  •  -Tumpuan pada konstruksi batang dan rangka batang, tumpuan sendi menerima gaya tumpuan dari segala arah, sedangkan sendi roll hannya dapat menerima gaya dari tekanan atas ke bawah.            
    tumpuan sendi dan roll
    tumpuan jepitan dapat menerima gaya tekanan dan dapat menahan gaya putaran.

  • SIFAT BAHAN BANGUNAN -> sifat bahan bangunan yang penting bagi perhitungan bisa diterangkan pada suatu batang baja yang dibebani oleh gaya taruk p sampai titik patah.

Sekian untuk pembahasan kali ini semoga materi penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sekian dan terimakasih. Salam anak teknik sipil

Wassalamualaikum.wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN