UNSUR PELAKSANA PEMBANGUNAN PROYEK

Bismilah.

Assalamualaikum.wr.wb

UNSUR PELAKSANA PEMBANGUNAN PROYEK

    Dalam pelaksanaan proyek pembangunan tentunnya ada pihak-pihak yang sudah di pilih atau di tunjuk oleh Owner ( pemberi tugas ) untuk menjalankan setiap tugas sesuwai dengan keahlian di bidangnya masing-masing. Pelaksanaan proyek akan melibatkan Owner ( pemberi tugas ), perencana, kontraktor. Kerjasama yang baik dalam pelaksanaan proyek sangat di butuhkan melihat tugas ini melibatkan banyak individu atau pekerja namun memiliki tujuan yang sama yakni menyelesaikan proyek atau pekerjaan mereka. Berikut tugas dari pihak yang akan terlibat dalam proyek pembangunan.
  • Owner ( pemberi tugas )                                                                                                                   > Merupakan pihak yang memiliki gagasan atau keinginan untuk membangun. Dalam hal ini owner memiliki tugas dan kewenangan dalam proyek pembangunan sebatas memberi dana, urusan pendirian bangunan, dan melakukan pengawasan dari setiap proses pembangunan.
  • Kontraktor perencana                                                                                                                      > Perencana dalam hal ini adalah pihak yang bekerja pada bidang pembuat gambar rencana sampai yang mendetail, rencana anggaran biaya ( RAB ) dari proyek yang akan di jalankan. Dalam perencanaan ini biasannya akan di sesuwaikan oleh kebutuhan atau permintaan dari owner ( pemberi tugas ) baru setelah itu seorang perencana dapat membuwat perencanaan proyek. Tugas dari perencana dalam proyek adalah membuat gambar rencana proyek, mengawasi jalannya proyek dan lain-lain.
  • Kontraktor pelaksana                                                                                                                       > Dalam pembangunan proyek pelaksana adalah pihak yang menjalankan hasil dari perencanaan yang di buwat oleh kontraktor perencana. Pelaksana memiliki bannyak peranan di lapangan secara langsung. Tugas dari pelaksana adalah menjalankan hasil perencanaan di lapangan langsung dan melakukan pengawasan dari proyek pembangunan yang sedang berlangsung.
Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bawasannya dari setiap pihak yang terlibat dalam pembangunan harus selalu berkoordinasi satu dengan yang lain agar tidak terjadi kesalah pahaman dari setiap  pihak yang memiliki tugas masing-masing. 
       Dari pihak di atas biasannya akan di buat lagi pembagian tugas-tugas yang akan melaksanakan proyek pembangunan untuk lebih mempermudah dalam pelaksanaan proyek pembangunan.
Semoga dari penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi anda semua dan jika ada hal yang ingin anda tannyakan saya akan bantu sebisa mungkin.

Wassalamualaikum.wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN