RAGAM BAHASA INDONESIA


Bismilah.

Assalamualaikum.wr.wb

RAGAM BAHASA INDONESIA

Ragam bahasa indonesia

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ragam bahasa yang tentunya mengenai mata pelajaran bahasa indonesia. Dengan adanya pembahasan ini semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Baiklah langsung saja, selamat membaca.

   > Pengertan
        Ragam bahasa adalah suatu gaya bahasa yang berbeda-beda atau bervariasi, maka dari itu ragam bahasa dapat terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantarannya adalah dengan siapa kita berkomunikasi, kondisi di daerah sekitar saat berkomunikasi, topik pembahasan pembicaraan dan hal yang lain.

   > Macam ragam bahasa
  1. Ragam bahasa perseorangan ( individu ), merupakan gaya bahasa yang di gunakan oelh seorang individu dalam berkomunikasi sehingga menjadi ciri khas individu tersebut. Hal ini bisa di pengaruhi oleh latar budaya dan hal yang lainnya.
  2. Ragam bahasa antar kelompok anggota masyarakat dalam golongan tertentu, merupakan cara bicara yang paling sering digunakan pada ruang lingkup kehidupannya, biasanya gaya berkomunikasinnya lebih bebas karna antar individu dalam kelompok tersebut sudah saling mengenal namun dapat di bedakan menurut jabatan atau kedudukan individu dalam kelompok tersebut.
  3. Ragam bahasa yang digunakan dalam suatu kegiatan, merupakan gaya bahasa yang digunakan pada individu yang akan membahas suatu hal seperi karya ilmiyah, hasil penelitian dan lain-lain.
  4. Ragam bahasa formal, gaya bahasa yang  digunakan pada keadaan resmi, bahasa yang digunakan sudah EYD atau bahasa baku. Bahasa formal biasanya dipakai pada pidato kepresidenan, pemerintahan dan semua kegiatan yang resmi.
  5. Ragam bahasa informal, merupakan gaya bahasa yang tidak resmi yang biasannya digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam berkomunikasi dalam masyarakat. Bahasa yang di pakai cenderung bebas atau tidak sesuwai dengan ketentuan EYD. Digunakan pada pembicaraan masyarakat pada umumnya.
  6. Ragam bahasa lisan, gaya bahasa yang ini biasanya di ikuti dengan mimik muka atau gaya olah tubuh dalam penyampaian komunikasi dengan lawan bicaranya.
Dari macam raham bahasa di atas bertujuan untuk dapat membedakan atau mengelompokkan serta mengetahui apa saja ragam bahasa yang sering digunakan dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Terbentuknya ragam bahasa karna ada pengaruh dari hal-hal tertentu dan keadaan dalam pembicaraan.
 
   > Hal yang mempengaruhi ragam bahasa
  • Adanya kebiasaan atau karakter dari pembicara
  • Sikap yang timbul dari faktor kebudayaan daerah, banyaknya bahasa di indonesia
  • Faktur ruang lingkup kehidupan
  • Faktor pergaulan sehari-hari
  • Adanya tuntutan keadaan atau pekerjaan
  • Dengan siapa kita berbicara
  • Adanya faktor emosional atau kondisi dari diri sessorang individu
Baiklah sekian untuk pembahasan kali ini semoga dengan adanya pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum.wr.wb
   
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN