PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERTEMUAN 1

Bismilah.

Assalamualaikum.wr.wb

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERTEMUAN 1

   Selasa, 29 September 2015 jam 16.20 - 18.00 merupakan pemberian materi pendidikan agama dengan 2 sks. Materi pendidikan agama islam di ampu oleh pak Nur Aksin, S.Ag, MSI selaku dosen.
   Pada pertemuan yang pertama ini akan membahas sistem dan kontrak perkuliyahan yang akan di jelaskan langsung, berikut ketentuan pengambilan nilai akan di ambil dari hal-hal di bawah ini:
  1. Penilaian dari sikap dan perilaku dari setiap pertemuan.
  2. Pengambilan nilai dari keaktifan dalam setiap pertemuan.
  3. Pengambilan nilai dari kehadiran atau absensi.
  4. Keaktifan dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas.
  5. Hasil dari nilai UTS ( ulangan tengah semester ).
  6. Hail dari nilai UAS ( ulangan akhir semester ).
Pada saat ada tugas yang memang harus di presentasikan dalam bentuk kelompok ataupun individu maka kelompok atau individu lain yang belom atau sudah mempresentasikan hasil dari pekerjaannya dapat bertannya di tengah-tengah saat pembahasan presentasi dari kelompok atau individu lain, hal ini agar tidak ada yang lupa akan hal yang ingin di tannyakan. Dan apa bila ada kelompok atau individu yang belom puas dengan jawaban yang di berikan maka akan di perbolehkan untuk menyampaikan pendapat dari masing-masing pihak yang ingin membenarkan atau memberikan pendapatnya saja. 

Setelah menjelaskan ketentuan dari cara pengambilan nilai dan hal mendasar dalam presentasi selanjutnya adaalah penyampaian materi pembahasan yang akan di tempuh selama semester satu ini, berikut di antarannya :
  1. Iman dan takwa kepada Allah.swt
  2. Ciri-ciri orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah.swt
  3. Filsafat 
  4. Hak dan kewajiban muslim
  5. Agama dan seni
  6. Agama sebagai rahmatan lilalamin
  7. Masyarakat madani
  8. Politik islam
  9. Hukum islam
Setelah penjelasan di atas dan dirasa sudah cukup maka dosen mulai membahas materi yang pertama dapa pertemuan yang pertama kali ini yaitu "Iman dan takwa kepada Allah.swt" berikut penjelasannya.
  • Pengertian Iman kepada Allah.swt > iman itu meyakini di dalam hati, mengucapkan pada lisan dan mengerjakan dalam perbuatan. Contoh : koropsi, sholat di waktu yang sudah mepet dll.
  • Pengertian Takwa kepada Alloh.swt > melaksanakan perintah Allah.swt ( dengan penuh rasa tanggung jawab ) dan meninggalkan segala larangannya ( dengan penuh kesadaran ). Contoh : orang yang berthobat lalu kembali menjalankan kemaksiatan yang sudah iya coba tinggalkan.
Ciri-ciri iman pada QS. Al-Anfal : 2 berikut arti dari ayat tersebut.
       " Orang-orang yang beriman itu adalah orang-orang yang apabila disebutkan nama Allah.swt maka bergetarlah hati mereka, apabila dibacakan.

Berikut penjelasan menurut syih al-fauzan hafizhahullah yang menerangkan mengenai ciri-ciri orang yang beriman dan bertakwa :
  • Merasa takut kepada Allah.swt ketika mendengar nama Allah.swt di ucapkan.
  • Bertambahnya keimanan ketika mendengar atau membaca AL-Qur'an.
  • Menyerahkan segala urusan dan bersandaran kepada Allah.swt semata.
Sekian untuk pembahasan kali ini mengenai mata kuliyah pendidikan agama islam pertemuan pertama dan semoga bermanfaat bagi anda semua.
Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum.wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN