MACAM SEMEN DAN FUNGSINYA

Bismilah.

 Assalamualaikum.wr.wb

MACAM SEMEN DAN FUNGSINYA

rangkumansipil.blogspot.com

   Dalam pekerjaan pembangunan tentunya tidak lekat dari bahan yang namanya "semen". Semen merupakan bahan perekat yang biasannya di campur dengan pasir, batu kerikil, dan air. Semen memiliki bannyak sekali kegunaan dan untuk acuan campurannyapun dapat berbeda-beda tergantung akan di gunakan untuk apa.
            Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas macam dam fungsi dari tiap macam semen tersebut, karna perlu kita tau semen tidak hannya ada satu jenis saja namun bannya sekali tipe atau jenisnya tergantung kita memilih untuk pekerjaan apa dan kita harus dapat menyesuwaikan dengan bahan matrial yang akan di gunakan nanti pada pembangunan dan ke adaan di lapangan itu sendiri. 
Berikut macam dan fungsi dari semen :
  1. Semen portland type 1 berfungsi untuk pembangunan umum tanpa ada ketentuan syarat apapun. Cocok di pakai dipakai di tanah dan air. Semen ini merupakan semen yang biasannya di gunakan paling bannyak pad bangunan rumah, gedung, dan masih bannyak yang lainnya.
  2. Semen portland type 2 memiliki fungsi yang baik untuk membangun di daerah pinggir pantai atau bekas rawa serta bangunan air seperti, jembatan atau irigasi atau dam ( waduk ).
  3. Semen portland type 3 berfungsi baik pada bangunan yang memerlukan daya tekan awal yang tinggi pada awal pengikatan misal pada pengerasan jalan raya ataupun gedung dengan lantai yang tinggi.
  4. Semen portland type 4 semen type ini memiliki fungsi yang sangat baik pada bangunan basah karna sifatnya yang 
  5. Semen portland type 5 fungsi dari jenis ini biasanya digunakan sebagai pembangkit tenaga nuklir, pembangunan pelabuhan, trowongan, pengolah limbah kimia pada pabrik.
  6. Semen masonry cement ( PCC ) memiliki fungsi menyeluruh atau merata pada segala jenis pembangunan atau pembuatan beton. Semen ini cocok digunakan dalam segala pembangunan apapun karna sudah memiliki mutu persyaratan SNI 15-7064-2004
  7. Oil well cement memiliki fungsi khusus sebagai pembuat sumur minyak bumi dan gas, yang biasanya di buat pada permukaan bumi ataupun permukaan laut.
Dari penjelasan macam semen di atas dapat kita simpulkan bahwa ada banyak jenis dan macam semen serta fungsi dan kelebihannya masing-masing. Adanya pengembangan dari setiap jenis macam semen akan terus ada untuk terus mengikuti perkembangan dalam dunia teknik sipil pembangunan.
   Sekian pembahasan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi anda semua....Amin. Untuk kritik dan sarannya silakan komen atau like.

Wassalamualaikum.wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN