FUNGSI & HASIL SURVAY LOKASI PEMBANGUNAN

Bismilah..

Assalamualaikum.wr.wb

TUJUAN & FUNGSI DATA HASIL SURVAY LOKASI PEMBANGUNAN

  Sebelum dalam pelaksanaan proyek pembangunan tentunya perlu adanya pengamatan lokasi pembangunan atau biasa di sebut survay lokasi. Tahapan tersebut harus benar-benar di laksanakan karna hal ini dapat mempengaruhi hasil dari pembangunan yang di laksanakan atau paling tidak bisa meminimalisir terjadinnya kesalahan yang terjadi dalam proyek pembangunan sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi pihak yang ikut serta dalam jalannya pembangunan. Berikut fungsi & hasil dari hasil survay lokasi pembangunan.

FUNGSI SURVAY 

          Survay memiliki fungsi sebagai proses pengamatan atau pengecekan lokasi proyek pembangunan guna melihat kondisi lapangan mulai dari luas lokasi, keadaan lokasi, jenis tanah, pengujian daya dukung tanah, melihat permukaan muka tanah, kendala yang bisa terjadi sampai dengan kondisi jalan untuk akses ke lokasi. Selain sebagai proses awal sebelum adannya perencanaan pembangunan, survay juga dapat di lakukan setelah pembangunan mulai berjalan, hal ini berfungsi untuk melihat bagaimana perkembangan dari jalannya pembangunan apakah sudah sesuwai dengan perencanaan yang di buat atau tidak.

HASIL SURVAY

  1. Pengukuran lokasi pembangunan
  2. Pembuatan siteplan sederhana
  3. Penentuan titik lokasi pembangunan
  4. Melihat kondisi lokasi sekitar perencanaan pembangunan
  5. Pengambilan gambar atau foto lokasi pembangunan
  6. Melakukan penelitian tanah di lokasi pembangunan
  7. Meneliti permukaan air tanah
  8. Melakukan pengukuran beda tinggi pada tanah
  9. Memperhatikan akses menuju lokasi pembangunan
Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa dalam pembangunan perlu adanya perencanaan yang sangat benar-benar harus di perhitungkan agar mendapatkan hasil yang baik. Baiklah sekian untuk penjelasan kali ini.

Wassalamualaikum.wr.wb

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN