DASAR TEKNIK SIPIL

Bismilah..

Assalamualaikum.wr.wb

DASAR TEKNIK SIPIL


Dasar ilmu sipil adalah bidang atau ilmu yang bergerak pada bidang pembangunan, pelaksanaan, perawatan serta pembaharuan fasilitas dan infrastruktur yang sudah direncanakan sebelumnya. Nah pada kesempatan kali ini saya kan membahas tentang dasar dari teknik sipil, langsung aja mari kita bahas.

   Dasar teknik sipil memiliki dasar dalam melaksanakan pembangunan jadi setiap proyek harus benar-benar direncanakan dengan sebaik mungkin hal ini untuk meminimalisir dan menentukan perkiraan jika terjadi kesalahan dalam sebuah proyek yang dapat merugikan pihak-pihak yang terlibat. Maka dari itu dalam sebuah proyek atau pembangunan harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ada, diantaranya :

  1. Sebelum pembangunan harus mendapat ijin mendirikan bangunan yang resmi
  2. Bangunan yang akan di kerjakan harus sesuwai dengan fungsinya
  3. Bangunan harus memperhatikan aspek arsitektoris
  4. Bangunan harus memperhatikan aspek struktural
  5. Bangunan harus memperhatikan aspek ekonomis
  6. Bangunan harus memperhatikan aspek kondisi lingkungan sekitar pembangunan
Selain hal-hal di atas dalam pelaksanaan pembangunan perlu di sesuwaika dengan bidang dan keahlian sesuwai dengan proyek yang akan di banguan, sehingga ada beberapa pembagian bidang teknik sipil.
Dalam teknik sipil di bagi menjadi dua jenis pembangunan hal ini dilihat dari aspek pondisi atau lokasi pembangunan, diantaranya adalah :
  • Bangunan teknik sipil kering : Biasanya bergerak pada bidang bangunan gedung, perumahan, perkantoran, dan bandara dan masih banyak lagi yang lainya
  • Bangunan teknik sipil basah : Biasanya begerak pada bidang bangunan bendungan, saluran irigasi, jembatan, pelabuhan dan masih banyak lagi yang lainya

Dari hal-hal yang di jelaskan di atas sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang perlu di perhatikan sebagai dasar bidang teknik sipil namun melihat perkembangan teknik sipil sekarang tiada henti-hentinya mengalami perubahan yang semakin baik dalam tiap tahunnya maka dari itu semakin banyaklah ilmu atau penemuan yang di temukan melalui pengalam yang sudah-sudah. Maka dari itu jangan lupa untuk menantikan pembahasan salanjutnya mengenai teknik sipil yang semakin menarik untuk di bahas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Menghitung Panjang Objek Terpilih di AutoCAD dengan CEPAT

PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT AKREDITASI PERGURUAN TINGGI FAKULTAS TEKNIK SIPIL

CARA MENGHITUNG PROGRESS BANGUNAN